Begini Cara Men-support Wanita yang Baru Keguguran Seperti Irish Bella

Irish Bella.
Sumber :
  • Instagram/_irishbella_

VIVA – Kehilangan bayi yang tengah dikandung seperti Irish Bella tentu meninggalkan duka yang mendalam. Wanita yang mengalami keguguran sering merasakan kesedihan dan kehilangan dengan intensitas yang sama seperti kehilangan anggota keluarga lainnya.

Mereka yang mengalami keguguran juga umum menderita kecemasan, depresi dan gangguan stres pasca-trauma (PTSD) dalam beberapa minggu, bulan atau setahun setelah keguguran. Oleh karena itu, baik keluarga, teman dan tenaga profesional kesehatan memiliki peran penting dalam mendukung wanita yang mengalami keguguran.

Jadi bagaimana kita bisa mendukung wanita yang baru keguguran dengan lebih baik? Apa yang dibutuhkan wanita dari keluarga, teman dan tenaga profesional setelah mengalami keguguran?

Berikut ini yang bisa Kamu lakukan untuk mendukung mereka dan hal-hal yang harus dihindari agar tidak memperburuk kondisi mereka, dilansir dari The Conversation, Senin, 7 Oktober 2019.

Jangan diam saja

Meskipun Kamu mungkin khawatir akan mengatakan hal yang salah dan membuat mereka lebih buruk, tidak mengatakan apa-apa adalah hal yang lebih buruk. Hal itu dapat membuat wanita merasa Kamu tidak peduli atau menganggap rasa kehilangan mereka tidak berarti. Yang perlu Kamu katakan adalah "Saya turut berduka atas keguguran kamu."

Dengarkan dan biarkan mereka berduka

Banyak wanita perlu membicarakan pengalaman keguguran mereka. Tanyakan bagaimana keadaan mereka. Tapi ingat, setiap orang punya respons yang berbeda. Beberapa wanita merasa sangat terbantu untuk berbicara tentang perasaan mereka. Sementara yang lain mungkin tidak siap.  

Tetapi mereka akan menghargai jika Kamu bertanya. Bicaralah pada mereka, dengarkan. Berikan orang itu kesempatan untuk bersedih.

Dorong mereka untuk berbicara dengan wanita lain yang pernah mengalami keguguran

Seringkali ketika wanita mulai berbicara tentang keguguran mereka, mereka menemukan orang lain di sekitar mereka mengalami keguguran juga. Mengetahui bahwa mereka tidak sendirian dan orang lain memahami bagaimana perasaan mereka dapat sangat membantu.

Menawarkan dukungan praktis

Berikan makanan atau bantu pengasuhan anak. Hadiah dan bunga menunjukkan kepedulian Kamu.

Akhiri kesunyian di sekitar keguguran

Wanita ingin pengalaman keguguran dibicarakan lebih terbuka sehingga mereka tidak merasa sendirian. Oleh karena itu, temani dan ajak bicara mereka agar tidak kesepian.

Hindari tiga hal ini berikut.

Komentar klise

Meskipun maksudnya baik, komentar seperti "Itu sudah biasa" dapat menyakitkan dan seakan Kamu mengabaikan rasa kehilangan mereka. Menyebut bahwa mereka akan kembali hamil lagi juga sangat tidak empati dan harus dihindari.

Menyalahkan dan menawarkan saran yang tidak diminta

Bersikaplah sensitif dan empatik. Jangan menawarkan saran yang bisa membuat seorang wanita merasa dirinya lah yang harus disalahkan.

Tidak peka

Tingkat kesedihan wanita tidak bergantung pada usia kehamilan saat mereka keguguran. Tidak apa-apa bagi mereka untuk mengatasi kesedihan mereka selama apa pun yang mereka inginkan. (ldp)