#TanyaDokter: Setelah Makan, Anak Selalu Langsung BAB, Normalkah?

Ilustrasi anak/balita.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Masalah kesehatan anak adalah masalah yang sering dibahas para orangtua. Bahkan, seperti apa kebiasaan si kecil buang air besar atau BAB, terkadang menjadi hal yang penting untuk dibahas. 

Lewat rubrik #TanyaDokter, bahkan ada ibu yang mengeluhkan masalah si kecil yang selalu langsung buang air besar setelah makan. Normalkah? 

Mengenai hal ini, dr Ellen Wijaya, Sp.A yang merupakan Dokter Spesialis Anak yang berpraktik di RS Pondok Indah – Puri Indah mengatakan, anak langsung BAB setelah diisi makanan, ini disebabkan oleh refleks gastrokolik.

Ini merupakan reaksi tak sadar yang normal terhadap makanan yang masuk ke lambung. Ketika makanan memasuki organ ini, tubuh melepaskan hormon yang menyebabkan usus besar berkontraksi

"Gastro, artinya lambung, usus besar, jadi ketika makan, makanan akan masuk dari mulut, kerongkongan, lambung dan akhirnya masuk ke usus. Dari situ menimbulkan rasa atau stimulasi buang air besar. Hal itu masih normal pada anak, untuk itu orangtua gak perlu khawatir," katanya.

dr Ellen pun menjelaskan, makanan yang masuk bukan berarti langsung keluar. Sebenarnya yang keluar adalah makanan yang sudah dimakan 3-4 jam yang lalu, karena waktu yang diperlukan makanan dari mulut sampai keluar adalah 3-4 jam.

Namun, BAB pada anak perlu diwaspadai jika ada tanda-tanda yang menunjukkan bahaya. Sepetrti apa?

"Perhatikan tanda bahaya, jika anak mengeluh sakit perut sering, dan ada muntah, orangtua perlu memperhatikan ada sesuatu yang bermasalah selain pola BAB tersebut." 

Namun, jika si kecil tetap aktif, makan juga seperti biasa, pertumbuhan optimal, maka pola BAB tadi tidak perlu dikhawatirkan orangtua.