Ahli Ungkap Alasan Kenapa Pria Lebih Lama Habiskan Waktu di Toilet Saat Buang Air

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Digital – Lamanya waktu yang biasanya dibutuhkan laki-laki ketika berada di kamar mandi ketika buang air besar, telah membingungkan kaum hawa selama beberapa generasi, yang kemungkinan besar terjadi sejak toilet di balik pintu tertutup ditemukan.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep tersebut bahkan menjadi meme dan lelucon di platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. 

Nah, baru-baru ini, para ahli dan ilmuwan mengungkapkan apa sebenarnya alasan para pria 'hobi' menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi. 

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Ilustrasi alat kelamin pria.

Photo :
  • The Sun

Kecenderungan pria terhadap waktu buang air dalam waktu lama dapat membantu menjelaskan, mengapa pria biasanya memiliki kesehatan usus yang lebih baik dibandingkan wanita. 

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

"Saya pikir siapa pun yang mengenal seorang pria tahu bahwa memang benar bahwa pria menghabiskan waktu lebih lama di toilet dibandingkan wanita, namun kenyataannya (mereka) jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah usus dan sembelit kronis dibandingkan wanita,” ujar ahli gastroenterologi Kyle Staller, melansir New York Post Health, Kamis, 18 Januari 2024.

Psikolog gastrointestinal Madison Simons dari Klinik Cleveland mengatakan bahwa penjelasan hal ini bisa bersifat biologis, sebagai permulaan, tubuh perlu rileks agar segala sesuatunya bergerak. Pria ternyata memiliki kecenderungan untuk merasa lebih rileks saat berada di toilet dibandingkan wanita, jelas Simons. 

Itu karena mereka memiliki “tombol biner” yang secara tiba-tiba berpindah antara naluri melawan-atau-lari yang dikenal sebagai keadaan simpatik (tegang) dan keadaan parasimpatis yang nyaman (santai). 

Nah, agar pencernaan dapat berjalan dengan baik, tubuh harus berada pada kondisi kedua.

Peralihan ini mendorong apa yang disebut Simons sebagai “fungsi istirahat dan cerna.” 

Dengan tubuh dalam mode relaksasi, dan kehidupan sehari-hari bagi sebagian besar pria dewasa relatif penuh tekanan, tidak mengherankan jika mereka memilih untuk menghabiskan waktu agak lama di toilet. 

Laki-laki, kata Simons, bisa saja menikmati “menghabiskan waktu dalam keadaan relaksasi sebelum mereka kembali ke aktivitas mereka lagi.” 

"Anda tidak akan diminta membuatkan makanan untuk anak-anak atau menyelesaikan masalah di tempat kerja jika Anda hanya duduk di kamar mandi,” katanya.

Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa laki-laki umumnya lebih cenderung sering membaca di toilet, sehingga membuat mereka sibuk lebih lama dari rata-rata lima menit yang dibutuhkan kebanyakan orang untuk berada di toilet, menurut Klinik Cleveland. 

Ilustrasi Toilet atau WC

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Penelitian Universitas Oxford lainnya juga menemukan bahwa pria biasanya lebih sering menggunakan ponsel mereka dibandingkan wanita, ketika berada di toilet. 

Pada akhirnya, kata Simons, waktu ke toilet bisa menjadi cara yang bagus untuk beristirahat, memulihkan tenaga, dan mendapatkan fokus. “Ada rasa aman yang menyertainya, saat ini Anda sepenuhnya sadar bahwa hanya ada satu pekerjaan yang sedang Anda selesaikan, yaitu buang air.” 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya