Ngeri, Bakal Ada Ribuan Kota Hantu pada 2100

Kota hantu.
Sumber :

VIVA Tekno – Pada 2100, dunia mungkin akan terlihat sangat berbeda dari masa sekarang, baik karena alam seperti perubahan iklim atau karena ulah manusia.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Kota-kota juga akan terlihat sangat berbeda dan beberapa di antaranya mungkin akan menjadi kota hantu. Sebuah studi baru telah menghitung angka-angka dan menemukan bahwa pada akhir abad ini, hampir setengah dari hampir 30.000 kota di Amerika Serikat (AS) akan mengalami penurunan populasi, kehilangan antara 12 hingga 23 persen populasi penduduknya.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Kota berhantu di Amerika

Photo :

Menurut analisis tersebut, kota-kota di masa depan ini akan lebih menyerupai komunitas yang terpecah-pecah, menipis, atau meluas, dan menjadi kota hantu, karena populasi penduduknya berpindah. Hal ini akan terjadi jika pemerintah daerah dan perencana kota tidak dapat merespons dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan penduduknya.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

"Implikasi dari penurunan populasi yang masif ini akan membawa tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang mungkin akan menyebabkan gangguan pada layanan dasar seperti transportasi, air bersih, listrik, dan akses internet" seiring dengan penyusutan kota dan bertambahnya jumlah penduduk, demikian para peneliti memperingatkan.

Penurunan populasi di lingkungan tertentu dapat menyebabkan toko-toko kelontong menutup pintunya, yang mengarah ke gurun makanan. Infrastruktur yang terabaikan di kota-kota yang menyusut juga dapat menyebabkan masyarakat tidak memiliki air bersih, seperti yang terjadi di Jackson, Mississippi, pada tahun 2021.

Dampak potensial dari penurunan jumlah penduduk kota ini jauh melampaui apa yang awalnya diteliti oleh Uttara Sutradhar, mahasiswa pascasarjana di bidang teknik sipil di University of Illinois di Chicago, dan dua rekannya, Lauryn Spearing dan Sybil Derrible, yaitu tantangan transportasi yang mungkin dihadapi oleh kota-kota di satu negara bagian saja, yaitu Illinois, seiring dengan perubahan jumlah penduduk seiring berjalannya waktu.

Kota hantu di Namibia

Photo :
  • rd.com

Saat ini, 43 persen kota di Amerika Serikat kehilangan penduduknya, sebuah angka yang menurut analisis akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Tergantung pada skenario iklim yang dimodelkan, hingga 64 persen kota dapat mengalami penurunan jumlah penduduk pada tahun 2100.

Wilayah Timur Laut dan Barat Tengah kemungkinan akan mengalami penurunan jumlah penduduk. Texas dan Utah, meskipun saat ini sedang berkembang, juga akan mengalami penurunan jumlah penduduk pada tahun 2100.

Namun, perkiraan tren populasi beberapa dekade ke depan pada dasarnya tidak pasti, dan analisis ini tidak mengeksplorasi faktor ekonomi atau sosial yang mendorong tren yang diproyeksikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya