Geger Obat Berisi Tulang Manusia Beredar Pesat, Banyak yang 'Lewat'

Ilustrasi obat/vitamin.
Sumber :
  • Freepik

Afrika Barat – Sebuah obat baru yang disebut ‘kush’ menimbulkan malapetaka di Afrika Barat, terutama di Sierra Leone di mana diperkirakan membunuh sekitar selusin orang setiap minggunya dan membuat ribuan orang harus dirawat di rumah sakit.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Dilansir VIVA Tekno dari Sciencealert, Kamis, 18 Januari 2024, obat ini, yang kebanyakan dikonsumsi oleh pria berusia 18 hingga 25 tahun, menyebabkan orang tertidur saat berjalan, terjatuh, membenturkan kepala ke permukaan yang keras, dan berjalan di tengah lalu lintas yang padat.

Chandrika Chika Bakal Jalani Rehabilitasi di BNN Lido

Ilustrasi beli obat bisa lewat layanan telefarmasi.

Photo :
  • vstory

Kush tidak boleh disamakan dengan obat dengan nama yang sama yang ditemukan di AS, yang merupakan campuran "sejumlah bahan kimia yang terus berubah" yang disemprotkan pada bahan tanaman dan dihisap.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Kush di Sierra Leone sangat berbeda; ini adalah campuran ganja, fentanil, tramadol, formaldehid dan menurut beberapa orang dicampur dengan tulang manusia yang digiling.

Ganja ini diracik oleh geng-geng kriminal lokal, tetapi obat-obatan yang terkandung di dalamnya berasal dari sumber internasional, yang tidak diragukan lagi difasilitasi oleh internet dan komunikasi digital.

Sementara ganja ditanam secara luas di Sierra Leone, fentanil diperkirakan berasal dari laboratorium klandestin di Cina di mana obat ini diproduksi secara ilegal dan dikirim ke Afrika Barat.

Tramadol memiliki sumber yang sama, yaitu laboratorium ilegal di seluruh Asia. Formaldehida, yang dapat menyebabkan halusinasi, juga dilaporkan ada dalam campuran ini.

Mengenai tulang manusia yang digiling, tidak ada jawaban pasti tentang apakah tulang tersebut ada dalam obat atau tidak, dari mana tulang tersebut berasal, atau mengapa tulang tersebut bisa dimasukkan ke dalam obat.

Video Kota Zombie di Amerika Serikat (AS).

Photo :
  • Tangkapan Layar

Beberapa orang mengatakan bahwa perampok kuburan menyediakan tulang belulang, tetapi tidak ada bukti langsung mengenai hal ini.

Tapi mengapa tulang dimasukkan ke dalam obat? Beberapa orang berpendapat bahwa kandungan belerang dalam tulang menyebabkan mabuk. Alasan lain mungkin karena kandungan obat dari tulang itu sendiri, jika almarhum adalah pengguna fentanil atau tramadol.

Namun demikian, keduanya tidak mungkin terjadi. Kadar belerang dalam tulang tidaklah tinggi. Menghisap belerang akan menghasilkan sulfur dioksida yang sangat beracun dan terhirup. Kandungan obat apa pun dalam tulang jauh lebih sedikit daripada yang dibutuhkan untuk menimbulkan efek fisiologis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya