Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jumat, 23 Agustus 2019 | 05:23 WIB

Pemerintah Jajaki Pembentukan Layanan Terpadu Haji dan Umrah di Jeddah

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Foto :
  • Darmawan/MCH2019
Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan di Jeddah, Arab Saudi

VIVA – Pemerintah Indonesia berencana membangun gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu di Kota Jeddah, Arab Saudi. Kantor ini merupakan bagian dari perluasan fungsi Kantor Urusan Haji (KUH) yang telah ada di Jeddah sebelumnya.

Rencana ini dibahas dalam rapat lintas instansi yang dipimpin Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis, 22 Agustus 2019. Rapat dihadiri perwakilan Biro Organisasi Tata Laksana (ortala) Kemenag, Kemensesneg, Kemenkumham, Kementerian Keuangan dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Baca Juga

Menurut Nur Kholis, perluasan fungsi KUH merupakan tindak lanjut dari disahkannya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Kemenag tidak hanya mengurusi ibadah haji, tapi juga menjadi penanggung jawab dan regulator penyelenggaraan umrah.

Hal ini cukup beralasan. Sebab, KUH yang ada sekarang sebenarnya hanya bertugas mempersiapkan seluruh proses penyelenggaraan ibadah haji dari awal sampai akhir selama 4 bulan. Namun faktanya, KUH juga menjadi tempat aduan bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya soal haji tapi juga umrah.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kemenag Ganti Uang Saku Jamaah Haji dengan Kartu Debit
TVONE NEWS - 6 bulan lalu