Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Ucapan tersebut dilakukan usai Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi menyatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Menu Welcoming Dinner untuk Kepala Negara dan Delegasi World Water Forum ke-10 di Bali

"Selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Mohon maaf lahir dan batin," ujar Jokowi bersama Iriana dalam keterangan persnya, Selasa 9 April 2024.

Sejumlah Tokoh dan Pejabat Hadiri Open House Presiden Jokowi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Banjir Bandang di Sumbar, Kemenag, Baznas dan LAZ Serahkan Bantuan untuk Korban Terdampak

Tak hanya itu, Jokowi dan istri turut mendoakan hingga menyampaikan harapannya untuk seluruh umat muslim di Indonesia. Keduanya berharap agar Idulfitri dapat menjadi momen untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi.

"Semoga di hari yang Fitri ini kita bisa saling memaafkan dan Saling bersilaturahmi untuk merajut kembali persaudaraan menjadi bangsa yang rukun dan damai, yang bersatu padu membangun Indonesia," kata dia.

Jokowi: Saya Harap Kita Kolaborasi, Jamin Akses Air Bersih bagi Semua Orang

Selain itu, Presiden juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang sedang dan akan melakukan mudik Lebaran. Jokowi berharap agar perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan.

"Selamat bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga besar. Saya berharap perjalanan lancar dan selamat," ucap Jokowi.

"Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahannya dan senantiasa membimbing serta melindungi kita semua," tambah Ibu Iriana.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menyatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024 besok. 

Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Hal tersebut diketahui usai Kemenag RI mengumumkan melalui hasil sidang isbat yang digelar pada Selasa 9 April 2024 sore.

"Disepakati bahwa satu syawal tahun 1445 H jatuh pada hari rabu tanggal 10 april," ujar Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut di Jakarta Pusat, Selasa 9 April.

Gus Yaqut menjelaskan bahwa penetapan 1 Syawal 1445 H itu sudah dilihat melalui sejumlah titik hilal di sejumlah wilayah Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya