Berkunjung ke Masjid Qisas, Tempat Eksekusi Hukum Pancung

Masjid Qisas di Kota Jeddah Arab Saudi
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA – Saat berkunjung ke kota Jeddah, jemaah haji Indonesia akan menyempatkan diri salat lima waktu di masjid-masjid sekitarnya. Salah satunya adalah Masjid Qisas.

Masjid Qisas terletak di Balad Jeddah, berhadapan langsung dengan Departemen Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi. Lokasinya tepat di antara Jalan Bagdadiyah, Jalan Syeikh Al Juffali, dan Jalan Madinah.

VIVA berkesempatan salat Zuhur berjamaah dengan beberapa warga Arab, jemaah Turki, Myanmar, dan juga Indonesia.

Masjid ini cukup luas. Mampu menampung ratusan jemaah. Saat berada di dalamnya, jemaah Indonesia akan dimanjakan dengan suasana yang cukup nyaman dengan pendingin ruangan. "Adem di sini," ujar salah satu jemaah haji Indonesia.

Maklum, saat ini cuaca sangat panas dengan suhu mencapai 45 derajat celsius. Jemaah Indonesia memilih Masjid Qisas sebagai tempat untuk beristirahat sejenak sebelum beranjak ke tempat ziarah lainnya di Jeddah.

Masjid Qisas seperti namanya, adalah tempat pembalasan hukuman bagi para terpidana yang melakukan perbuatan pidana seperti pembunuhan.

Saat berada di satu sudut masjid yang menjadi lokasi eksekusi mati atau hukuman pancung, posisinya persis di samping masjid.

Hukuman pancung itu dilakukan usai salat Jumat. Namun, di tempat eksekusi itu jemaah dilarang untuk mengambil gambar. VIVA dan jemaah haji lainnya hanya bisa melihat dari kejauhan tempat eksekusi tersebut.