Jalan-jalan ke Kota Thaif Nikmati Sensasi Kopi Turki, Dibuat di Atas Pasir Panas

Kopi Turki
Sumber :
  • Risa Ariyani

THAIF – Arab Saudi mempunyai salah satu tempat yang menakjubkan dengan pemandangan indah dan udaranya yang sejuk.  Tempat tersebut adalah Thaif, sebuah kota sejuk yang berada di wilayah Barat Arab Saudi, tepatnya berada di lembah pegunungan Asir dan pegunungan Al Hada sekitar 67 kilometer dari Kota Mekkah. Nah saat berkunjung ke kota Thaif tak lengkap rasanya jika tidak menikmati waktu santai ditemani kopi khas Turki. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Di kawasan Thaif, ada Divan Resto yang menawarkan sensasi kopi Turki. Bukan kopi biasa, karena cara penyajiannya unik,  dibuat di atas pasir panas. Para pengunjung yang datang ke resto ini bisa langsung menyaksikan cara penyajian kopi khas Turki ini. Nah buat para Traveler atau jemaah haji dan umrah yang menyempatkan mampir ke Kota Thaif, bisa juga menikmati sensasi kopi Turki di Divan Resto. 

Kopi Turki

Photo :
  • Risa Ariyani
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Rombongan Kepala Daerah Kerja Bandara, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Haryanto sempat mampir menikmati sensasi kopi Turki di Divan Resto, Kota Thaif. Bahkan, salah satu petugas PPIH Arab Saudi, Risa Ariyani yang ikut dalam rombongan menceritakan serunya melihat proses penyajian kopi Turki yang dibuat di atas pasir panas.

"Cara penyajiannya sangat menarik dan unik. Kita melihat proses pembuatan kopi oleh baristanya. Prosesnya dibuat di atas pasir panas, digoyang-goyang wadah kopinya lalu didiamkan hingga akhirnya mendidih, lalu disajikan ke dalam cangkir mungil khas Turki," kata Risa menceritakan keseruannya menyaksikan pembuatan dan penyajian kopi Turki, Jumat 14 Juli 2023. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Kopi Turki

Photo :
  • Risa Ariyani

Menikmati kopi Turki

Photo :
  • Risa Ariyani

Tak hanya nikmatnya sensasi kopi Turki yang diceritakan, suasana Divan Resto yang dikunjunginya juga memiliki suasana yang nyaman dan cozy. "Suasananya nyaman, family restoran tapi menunya murah banget. Dengan paket yang ditawarkan paket family, dihidangkan di atas nampan sepanjang 1 meter, nama menunya Yarim Metre Divan," kata Risa.

Hidangan nikmat di Divan Resto

Photo :
  • Risa Ariyani

Hidangan tersebut lanjut Risa pas disantap bersama tujuh orang. Menunya mulai dari ayam, daging kebab turki, potongan kecil iga bakar, sambosa ayam dan kambing serta sedikit nasi dan kentang goreng disusun menawan di atas nampan panjang. Tak cuma itu, disediakan pula roti khas Turki. "Harganya murah hanya habis 327 riyal," kata Risa menceritakan kenikmatan hidangan yang disajikan. 

Menikmati hidangan di Divan Resto, Thaif

Photo :
  • Risa Ariyani

Nah, kopi Turki katanya disajikan sebagai hidangan compliment. "Selain hidangan utama, jadi kita juga disuguhi black turkish coffee atau meze cesitleri kucuk, this is compliment yang khasnya dibuat di atas pasir yang panas membara, rasanya nikmat banget," ujarnya lagi.

Jadi, gak perlu sampai ke Turki untuk menikmati hidangan nikmat dan menyaksikan cara penyajian kopi yang dibuat di atas pasir panas. Cukup mampir ke Thaif, perjalanan dari Mekkah hanya sekitar 1 jam saja. Selama di Thaif pemandangan indah hamparan gunung dan bukit batu yang indah juga bisa jadi spot foto instagramable. Dan yang terpenting, jangan khawatir kegerahan saat berada di Thaif, karena udara dan angin di kawasan Thaif begitu sejuk layaknya di Puncak Bogor. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya