500 UMKM Bakery dan Pastry Unjuk Kebolehan Berkreasi Sajian Kue

Ilustrasi memasak/membuat kue.
Sumber :
  • Pexels/Daria Shevtsova

JAKARTA – Seiring dengan meningkatnya jumlah UMKM di Indonesia, terutama bidang bakery dan pastry, BlueBand berinisiatif menghadirkan kompetisi BlueBand Kitchen Master dalam mendorong kemampuan baking para pelaku bisnis. Kompetisi telah berlangsung pada 20 Februari - 20 Juni 2023 lalu dengan total partisipan mencapai 500 peserta yang berasal dari pelaku bisnis bakery dan pastry di Jabodetabek.

Daftar Juri SATU Indonesia Awards 2024, Ada Raline Shah

Melalui kompetisi BlueBand Kitchen Master, BlueBand memberikan kesempatan bagi para partisipan untuk menunjukkan hasil kreasi baking terbaiknya melalui digital photo competition. Kompetisi ini terbagi menjadi 3 tahap, pertama BlueBand menerima 500 photo submission yang diunggah oleh para partisipan melalui website BlueBand https://www.violifeprofessional.com. Selanjutnya, pada tahap kedua foto terbaik dari partisipan diunggah ke kanal media sosial Facebook untuk dilakukan voting. Pada tahap ketiga, 100 foto dengan voting tertinggi akan diundang untuk mengikuti Live Baking Competition. Dalam tahap ini, 100 partisipan terbaik akan menyajikan kreasi kue terbaiknya dan akan dinilai langsung oleh dewan juri yang merupakan Chef profesional.

“Setiap hasil olahan kue yang menggunakan produk profesional BlueBand akan mengeluarkan aroma yang nikmat, memberikan rasa gurih yang pas, serta menghasilkan tekstur yang lembut pada hasil pembakarannya. Untuk lebih meningkatkan loyalitas pelanggan, kami mengajak lebih banyak lagi talenta-talenta di bidang bakery dan pastry melalui kompetisi memasak (baking) terbesar BlueBand Kitchen Master Competition 2023 pada akhir Juni lalu, yang diikuti oleh 100 talenta (baker) Indonesia terbaik yang telah mengembangkan bisnisnya dalam bidang bakery, dan berkompetisi untuk menjadi ‘the next BlueBand master baker’,” ujar Presiden Direktur Upfield Indonesia, Dicky Saelan, dalam keterangannya.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Ilustrasi kompetisi memasak.

Photo :
  • ist

Dalam mendukung talenta dan bisnis UMKM, BlueBand juga sekaligus memperkenalkan produk Master Cake Margarine yang kini tersedia dalam kemasan ekonomis 1kg.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

“Kami berharap dengan hadirnya kemasan terbaru dari  Master Cake Margarine dapat membantu para pelaku bisnis dalam menghindari penggunaan kemasan ulang yang tidak higienis.” tambah Dicky Saelan.

Kompetisi ini dijurikan oleh para chef profesional, yaitu chef Toesyadi (Indonesian Pastry Association), chef Aan Nurhasanah (Indonesian Pastry Association), dan chef Rommy Gunadi (Masterchef Indonesia). Tak ketinggalan para pakar, Rex Marindo selaku CEO Foodizz dan Ravi Raffaello (Masterchef Indonesia), yang menggelar sesi diskusi (coaching clinic) mengenai perkembangan serta perubahan industri bakery dan pastry di masa depan dan bagaimana para pelaku bisnis dapat mempersiapkan strateginya dengan matang agar dapat terus melaju dengan bisnisnya.

BlueBand Kitchen Master Competition merupakan program yang bertujuan tidak hanya untuk mencari talenta baker terbaik saja, namun untuk membangun jaringan komunitas operator BlueBand yang lebih solid dan meningkatkan penjualan produk dengan servis yang lebih profesional dan produk yang berkualitas.

“Bersama dengan para chef profesional yakni Chef Aan Nurhasanah dan Chef Rommy Gunadi, kami sebagai juri menyeleksi secara ketat talenta terbaik di bidang bakery di Indonesia untuk menjadi 3 pemenang BlueBand Kitchen Master 2023. Ada beberapa aspek yang kami nilai pada ajang BlueBand Kitchen Master Competition tahun ini, mulai dari Kualitas Produk (Rasa, Tampilan & Aroma), Kreativitas Resep, Potensi Pasar, dan Teknik Memasak. Para pemenang yang terpilih akan mendapatkan kesempatan berharga untuk meningkat skill memasak mereka dengan melakukan training 1 on 1 secara langsung bersama para dewan juri,” kata Indonesian Pastry Association, Chef Toesyadi.

Tiga pemenang berhasil mendapatkan berbagai hadiah dari BlueBand. Pemenang pertama diraih oleh Widya Kurniati, yang berhasil mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 30 juta rupiah, Kitchenaid KSM150PSER Artisan Tilt-Head Stand Mixer, co-branding serta dukungan penuh dari BlueBand selama satu tahun. Pemenang kedua diraih oleh Puguh Kristanto, yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar 15 juta rupiah,  co-branding serta merchandise dari BlueBand. 

Ilustrasi kompetisi memasak.

Photo :
  • ist

Pemenang ketiga diraih oleh Diana Rosalia, yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar 10 juta rupiah serta co-branding dengan BlueBand.

“Saya pertama kali mengetahui kompetisi BlueBand Kitchen Master Competition dari Instagram. Senang sekali sekaligus terkejut bisa memenangkan kompetisi ini karena persaingannya cukup ketat, banyak pebisnis bakery dan pemilik usaha F&B senior yang mengikuti kompetisi ini. Saya bangga kreasi kue Buttercream Sun Birthday Cake yang saya buat dapat mengantarkan saya ke posisi pertama dalam ajang BlueBand Kitchen Master pada tahun ini. Saya berharap kedepannya BlueBand akan tetap mengadakan ajang ini untuk mendukung dan meningkatkan skill talenta (baker) yang ada di Indonesia,” kata Pemenang pertama BlueBand Kitchen Master Competition 2023, Widya Kurniati.

Jumlah jaringan operator BlueBand ini pun kian bertambah, sejalan dengan target yang ingin dicapai Upfield Indonesia hingga akhir 2023, untuk mendapatkan tambahan 550 operator/pengguna baru dari talenta-talenta terbaik agar dapat terus menghasilkan hasil terbaik dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas bagi para pembeli.

“Kami akan terus mendukung talenta terbaik di Indonesia melalui berbagai aktivasi yang terus dilakukan BlueBand. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas antusiasme serta partisipasinya di acara BlueBand Kitchen Master Competition 2023. Kami tunggu partisipasi Anda dalam kompetisi BlueBand Kitchen Master 2023 selanjutnya di kota Anda,” tutup Dicky Saelan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya