Bukan Cuma Lezat, Es Krim Juga Punya Deretan Manfaat Menakjubkan

Ilustrasi es krim.
Sumber :
  • Freepik/vecstock

VIVA – Es krim adalah salah satu makanan pencuci mulut yang paling populer di dunia. Kehadirannya yang segar dan lezat membuat es krim menjadi favorit banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Namun, selain memberikan kepuasan rasa, es krim juga memiliki manfaat kesehatan yang menarik. Mari kita telusuri lebih lanjut tentang es krim dan segala yang harus kita ketahui tentang makanan manis ini.

Asal usul

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Ilustrasi es krim.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Sejarah dan asal-usul es krim dapat ditelusuri ribuan tahun ke belakang. Dihimpun dari berbagai sumber, konsep makanan beku ini berasal dari Tiongkok kuno, di mana campuran susu dan beras dikemas dalam salju untuk menciptakan makanan beku. Namun, asal-usul es krim yang kita kenal saat ini dapat ditemukan di Persia kuno (sekarang Iran) dan dunia Arab.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Pada abad ke-8, pedagang Persia membawa resep makanan beku yang terbuat dari jus buah dan diberi gula kembali ke tanah air mereka. Mereka menemukan teknik membekukan sirup dengan menyimpannya di ruang bawah tanah yang alamiah terdingin yang disebut yakhchals. Es krim awal ini sering diberi aroma dengan bahan-bahan seperti air mawar, kunyit, dan buah-buahan.

Dari Persia, seni membuat es krim menyebar ke dunia Arab. Penakluk Arab di Sisilia memperkenalkan makanan beku serupa ke pulau itu pada abad ke-9. Dari Sisilia, popularitas es krim menyebar ke Italia dan kemudian ke seluruh Eropa melalui perdagangan dan interaksi budaya.

Manfaat

Ilustrasi es krim.

Photo :
  • Freepik

Mengonsumsi es krim dalam jumlah yang wajar dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Berikut di antaranya, dilansir dari laman WebMd, Rabu, 12 Juli 2023.

-Sumber energi

Es krim mengandung karbohidrat, lemak, dan protein yang dapat memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh (selama dikonsumsi dengan porsi yang tepat).

-Sumber kalsium

Es krim yang terbuat dari susu merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

-Sumber vitamin

Beberapa jenis es krim dapat mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin K.

-Meningkatkan suasana hati

Makan es krim bisa memberikan perasaan senang dan dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda.

Inovasi es krim raih penghargaan

Ilustrasi es krim.

Photo :
  • Freepik/vecstock

Baru-baru ini, salah satu produsen es krim, yakni Aice Group kembali meraih Top Brand Award serta Top Brand for Kids tahun ini pada kategori es krim terbaik Indonesia. Mereka menyabet penghargaan bergengsi ini selama lima tahun terakhir, karena konsistensinya menghadirkan beragam es krim terbaru yang mudah diterima masyarakat. 

Mereka sendiri mengakui bahwa tren industri es krim di Tanah Air telah meningkat masif, baik di sisi kualitas maupun kuantitasnya. Menurut data tahun 2022, penjualan es krim nasional telah mencapai valuasi Rp15,86 triliun atau naik 7,44 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Meningkatnya pertumbuhan penjualan serta masih banyaknya daerah yang belum terakses oleh es krim berkualitas dan harga terjangkau, membuat produsen asal Singapura ini masih terus menggenjot produksi dan inovasinya.

CEO Aice Group, Jack Wang mengatakan bahwa selama delapan tahun terakhir, pihaknya konsisten menghadirkan jutaan kebahagiaan dan keceriaan kepada masyarakat Indonesia lewat produk es krim terbaiknya.

Beberapa varian terlarisnya memiliki begitu banyak rasa dan bentuk. Sebut saja, mulai dari “es krim viral” Histeria, es krim lezat khas Nusantara Mochi Klepon, hingga AMilk Tea Boba dikonsumsi jutaan masyarakat melalui lebih dari ratusan ribu warung dan pasar modern yang menjajakannya.

“Kami sangat berterima kasih atas penghargaan Top Brand Award serta Top Brand for Kids yang kami terima di lima tahun berturut-turut ini. Penghargaan ini menjadi dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap produk kami. Ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dalam menghadirkan cemilan sehat dan lezat berkualitas terbaik,” ungkap Jack Wang, dalam keterangannya.

Penggagas penghargaan Top Brand, Handi Irawan, menyampaikan bahwa dalam ajang penghargaan ini terdapat beragam kriteria yang harus dipenuhi oleh banyak brand saat meraih Top Brand. Aice berhasil melampaui berbagai kriteria dan ekspektasi Top Brand.

Menurutnya, konsistensi kualitas produk menjadi salah satu faktor sukses mereka menyabet penghargaan Top Brand Award dan Top Brand for Kids untuk kategori es krim selama lima tahun berturut-turut.

Mereka juga telag berhasil membuktikan konsistensinya dalam menghasilkan banyak inovasi termutakhir di industri es krim nasional. Sebagai produsen es krim yang sangat populer di Indonesia dan Asia Tenggara, mereka dinilai berhasil menjawab impian konsumen. Mulai orang dewasa, hingga kalangan anak kini dapat menikmati kelezatan es krim dengan mudah dan terjangkau. Ditambah lagi, mereja juga mampu membangun marketing mix yang efektif dalam menjangkau para konsumen.

“Ini menjadi bukti dari kekuatan mereka sebagai brand es krim yang sangat dekat dengan masyarakat,” ucap Handi.

Top Brand Award sendiri merupakan penghargaan yang secara khusus diberikan kepada jenama pilihan berbagai segmen konsumen. Sebelumnya, Top Brand mengadakan survei secara serentak di 15 kota yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Palembang, Makassar, Pekanbaru, Palembang, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, dan Manado. Survei ini melibatkan 12.000 responden.

Sementara penghargaan Top Brand for Kids dihasilkan dari survei khusus di kalangan para ibu dan anak. Kedua penghargaan ini diberikan berdasarkan riset dan observasi atas perilaku konsumen dalam melakukan pembelian. Tahun 2023 menjadi tahun ke-15 diselenggarakannya survei Top Brand Kids & Gen Z.

Survei ini diadakan di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan dengan melibatkan 2.500 responden.

Memproduksi es krim berkualitas dunia

Saat ini, Aice Group mengelola proses produksinya dengan sangat higienis dan efisien. Lewat sistem teknologi pintar dan otomatis yang diterapkannya di pabriknya di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara, mereka melahirkan produk unggulan nasional dan ekspor.

Mereka juga memiliki beberapa pusat penelitian dan pengembangan produk berteknologi tinggi di beberapa negara Asia untuk menyokongnya.

Mereka juga terus mengembangkan usahanya ke berbagai kawasan di Asia Tenggara, Selain Indonesia ada juga di Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Timor Leste. Hingga beberapa tahun ke depan, mereka akan terus meningkatkan skala produksinya, sembari melakukan ekspansi dan menjajaki peluang ekspansi globalnya.

“Kamis masih akan terus berinovasi dalam produk es krim baru yang unik, lezat dan bergizi. Kami yakin, saat ini es krim sudah bukan sekedar makanan penutup. Es krim sudah menjadi pelengkap kegembiraan bagi banyak orang,” tutup Jack Wang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya