Perhatian Dunia Kini Tertuju pada Kelezatan Daging Sapi Australia, Ternyata Ini Penyebabnya

Aussie Beef Mates 2023 mempertemukan chef internasional di Sydney, Australia
Sumber :
  • MLA

VIVA – Baru-baru ini sebuah sejarah tercipta, bayangkan para chef kelas dunia dan sejumlah professional di industri kuliner dari berbagai negara berkumpul di Sydney, Australia. Momen langka ini dihadiri para delegasi yang berasal dari China, Jepang, Korea, Malaysia, Indonesia, Thailand, Timur Tengah, Vietnam, Inggris, dan Amerika Serikat.

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Pertemuan ini merupakan bagian dari program Aussie Beef Mates  yang diinisiasi oleh Meat & Livestock Australia (MLA) bekerja sama dengan para pengusaha daging sapi di NSW (News South Wales), Australia. Berlangsung selama sepekan yaitu dari 28 Mei hingga 2 Juni 2023, program ini diisi dengan berbagai kegiatan untuk mengenal lebih dekat industri sapi Australia mulai dari peternakan hingga tersaji menjadi hidangan lezat dan halal di atas piring. Banyak hal yang mereka pelajari bersama sekaligus sharing tentang kreasi dan inovasi dalam hal mengolah daging sapi sehingga menjadi hidangan bercita rasa tinggi.

Manajer Bisnis Global di MLA, Josh Anderson menyatakan, Aussie Beef Mates merupakan komitmen MLA dan pemerintah NSW untuk terus mempromosikan daging sapi lokal Australia di panggung global. “Melalui Aussie Beef Mates, chef internasional dan pelaku bisnis food profesional dapat mempelajari langsung dan berbagi kisah tentang daging sapi Australia ke jaringan global mereka, sehingga mendorong permintaan internasional untuk produk premium ini,” katanya. 

Bernuansa Suasana Pegunungan, Lifestyle Bistro Teras by Plataran Hadir di Summarecon Bogor

Daging sapi Australia telah dinikmati di lebih dari 100 negara di seluruh dunia dan terkenal sebagai produk berkualitas tinggi dan berkelanjutan dan Ausie Beef Mates merupakan strategi untuk meningkatkan pengakuan global atas kualitas dari komoditas eskpor yang dihasilkan para produsen daging sapi di Sydney dan NSW. Melalui program ini diharapkan dapat menambah pemahaman dan  meningkatkan profil daging sapi Australi di pasar utama luar negeri, sehingga pada akhirnya terjadi peningkatan ekspor.

Tidak berhenti di situ, setelah acara tersebut, Tim Pemasaran Internasional MLA telah siap meluncurkan beberapa aktivasi global dengan Aussie Beef Mates. “Kami akan menyediakan platform bagi mereka untuk berbagi pengalaman dan pengaruh mereka dalam jaringan mereka untuk mempromosikan daging sapi Australia dan produk NSW, tutur Anderson.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Senada dengan yang disampaikan Anderson, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Anoulack Chanthivong mengatakan, program Aussie Beef Mates memberikan kesempatan kepada Minns Government untuk membantu menjual produk kelas dunia yang di hasilkan Australia ke pasar global.

Selain memperkenalkan lebih dekat kualitas daging sapi Australia dan NSW, Ausie Beef Mates juga menjadi ajang untuk memperkenalkan produk-produk berkualitas NSW lainnya seperti pertanian, perdagangan, produksi pangan, dan investasi lainnya. 

Aussie Beef Mates, pengalaman berbeda menikmati sajian daging sapi

Ket. Photo: suasana Aussie Beef Mates di Jakarta disambut hangat oleh para pengunjung dan diabadikan oleh para food influencer ternama

Masih dalam rangkaian event Aussie Beef Mates, di Jakarta juga digelar sebuah event yang tak kalah meriah dengan melibatkan para chef muda Indonesia yang sebelumnya telah mengikuti event ini di Sydney ibu kota NSW. Meat & Livestock Australia menghadirkan "Aussie Beef Mates" yang menyampilkan daging sapi terbaik dari New South Wales. Event ini menjadikan ajang bertemunya chef muda Indonesia berbakat dan para food influencer untuk mengolah daging sapi NSW dengan kualitas terbaik. 

Adapun chef yang terpilih untuk meramaikan Aussie Beef Mates di Jakarta adalah Chef Kartika Chandra, Chef Stefu Santoso, Chef Freddie Salim, Chef Muhammad Maliki (bekerja sama dengan Chef Lukman Hakim), dan Chef Rahmatullah Awaludin. Para chef muda ini dipilih karena semangat dan komitmen mereka yang tinggi dalam memperkenalkan daging sapi Australia. 

Acara ini digelar selama dua minggu berturut-turut mulai 15 hingga 30 Juni 2023 dengan bertujuan memberikan pengalaman tak terlupakan kepada masyarakat untuk mencicipi rasa dan kelembutan daging sapi NSW. “Kami sangat senang berkolaborasi dengan chef muda dan berbakat untuk join dalam Aussie Beef Mates di Jakarta, kota yang terkenal dengan kulinernya yang dinamis. Perpaduan imajinasi kuliner dan kreasi para chef muda tentunya sangat menggairahkan kami,” tutur Anderson. 

“Kreasi para chef jadi inspirasi unik dan kami berharap mereka dapat menciptakan kuliner baru dengan daging sapi Australia yang berkualitas. Mereka merasakan lagnsung berinovasi dengan potongan daging sapi yang berbeda dalam setiap kreasi masakan mereka,” ucapnya.

Daging sapi Australia terkenal karena multifungsi, tersedia berbagai potongan yang sangat cocok untuk berbagai masakan dan acara memasak. Apakah Anda ingin menyajikan steak yang lezat untuk makan malam yang luar biasa atau semur daging sapi yang beraroma, daging sapi Australia menawarkan banyak pilihan untuk memenuhi preferensi kuliner yang beragam. Dari potongan tenderloin hingga T-bone, ada pilihan sempurna untuk memulai setiap petualangan kuliner. Daging sapi Australia tidak hanya enak tetapi juga aman dan halal. Konsumen akan merasa yakin akan kualitas daging sapi Australia karena proses pengolahannya diawasi secara ketat sesuai standar keamanan pangan yang ketat. Itulah sebabnya daging sapi Australia telah dikonsumsi di 100 negara di dunia.

Direktur Perdagangan dan Investasi NSW, Yonathan Wijaya menyatakan, kemitraannya dengan MLA dan chef muda Indonesia menghadirkan platform yang luar biasa untuk menampilkan Daging Sapi NSW. “Aussie Beef Mates akan memperkuat ikatan antara produsen Australia dan perusahaan jasa makanan Indonesia dan menciptakan peluang berharga untuk pertumbuhan serta perdagangan bersama. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat memposisikan Daging Sapi NSW sebagai pilihan utama dan membawa teman-teman kami di Indonesia untuk merasakan sajian daging NSW melalui rasa yang luar biasa.”

Selain memanjakan lidah para penggemar olahan daging sapi, Ranch Market juga turut ambil bagian dalalm Aussie Beef Mates kali ini. Ritel terkemuka ini dengan bangga mengadakan pameran khusus produk daging sapi NSW selama masa promosi. Para pelanggan dapat melihat beragam pilihan potongan daging sapi NSW berkualitas tinggi nan menggoda selera dari marmer rib eye hingga sirloin yang berair. Etalase ini tentunya memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mengeksplorasi, menghargai kekayaan, dan kelembutan daging sapi NSW.

Tentang MLA:
Meat & Livestock Australia (MLA) bekerja dalam kemitraan dengan Pemerintah Australia dan produsen sapi, domba, dan kambing Australia. Kemitraan ini bertujuan untuk mendorong kemakmuran jangka panjang industri daging merah dan peternakan Australia dengan menyediakan layanan penelitian, pengembangan, pemasaran yang berkontribusi pada profitabilitas produsen, keberlanjutan, dan daya saing global. 

MLA hadir untuk menciptakan peluang dari investasi Bersama untuk membangun permintaan dan produktivitas di seluruh rantai pasokan. MLA melakukan kegiatan pemasaran untuk meningkatkan permintaan daging merah Australia di dalam dan luar negeri di lebih dari 100 negara dan untuk meningkatkan akses ekspor, termasuk di Indonesia. Sebagian besar pendanaan MLA berasal dari pungutan transaksi yang ditempatkan pada penjualan ternak, dengan Pemerintah Australia menyediakan dana pendamping untuk investasi pungutan di sebagian besar R&D.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya