Mencicipi Tongyeong, Tiram Hidup yang Baru Datang dari Korea Selatan

Tiram Tongyeong dari Korea Selatan.
Sumber :
  • Ist.

JAKARTA – Tiram merupakan salah satu hidangan laut yang kaya nutrisi. Tiram diketahui mengandung seng, protein, serta zat besi. Tidak hanya itu, seafood satu ini juga disebut-sebut sebagai salah satu makanan mewah.

Media Asing Sorot Aksi Joget Ernando Ari di Depan Pemain Korea Selatan: Mengejek

Nah, bicara tiram, pernahkah kamu mencicipi tiram hidup dan masih segar yang didatangkan langsung dari Korea Selatan? Jika kamu mengaku penyuka tiram, rasanya kamu wajib mencicipinya. Yuk, scroll untuk mengetahui lebih lanjut.

Ya, tiram hidup segar asal Tongyeong, Provinsi Gyeongsang Selatan (Gyeongnam), yang juga merupakan produsen 60 persen tiram di Korea Selatan, diimpor ke Indonesia untuk pertama kalinya. Lalu, bagaimana rasanya? 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Kepala Chef Hotel Grand Hyatt Jakarta, Markus Zuck, yang menyajikan tiram ini untuk para tamu mengungkapkan, tiram Tongyeong dinilai sangat bagus, terasa lembut dan memberikan citarasa manis setelah dimakan.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

"Saat menyiapkan hidangan untuk para tamu, saya juga berusaha menangkap sensibilitas khas Korea," ujar Chef Markus dalam keterangannya, dikutip Jumat 7 Juli 2023. 

Selain itu, saat ditanya mengenai kualitas dan karakteristik tiram Tongyeong dari Gyeongnam, Ketua Asosiasi Makanan Laut dan Tiram, Ji Hong Tae, menjawab bahwa tiram Tongyeong tumbuh dengan mengonsumsi plankton selama 24 jam sehari di laut selatan Korea yang merupakan tempat dengan kondisi terbaik untuk ternak tiram. 

"Mereka juga memiliki karakteristik ukurannya yang besar dan tebal, serta rasanya yang dalam. FDA Amerika Serikat juga telah menyetujui tiram Tongyeong sebagai produk yang diproduksi dengan aman di lautan bersih dan tiram Tongyeong ini juga telah diekspor ke seluruh dunia," ungkapnya. 

Hotel Grand Hyatt Jakarta, juga menyediakan buffet tiram Tongyeong selama 10 hari mulai 23 Juni 2023. Sedangkan pada 28 Juni lalu, pembeli dan distributor lokal, koki dari hotel-hotel terkenal di Jakarta dan kepala organisasi terkait, termasuk dari kedutaan, diundang untuk menikmati hidangan yang terbuat dari tiram sebagai bahan utama yang juga ditambahkan dengan teripang dan keong Turbo Sazae.

Para koki hotel yang berpartisipasi dalam acara tersebut memuji kesegaran dan cita rasa dari tiram Tongyeong yang luar biasa. Para importir serta distributor Indonesia juga menunjukkan ketertarikan yang besar. 

Tjioe Nofia, seorang influencer bidang makanan dan memasak, juga diundang dan berperan dalam mempublikasikan secara luas rasa dan aroma makanan laut Gyeongnam secara langsung melalui postingan di media sosialnya.

Dengan adanya ekspor tiram Tongyeong ini, Provinsi Gyeongnam berencana untuk mengadakan berbagai acara melalui kantor perwakilannya di Jakarta, Gyeongnam Jakarta Office, agar ekspor produk hasil laut unggulan dari Gyeongnam ke Indonesia dapat lebih meningkat baik dari segi kuantitas maupun keragaman barang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya