Bisnis Gurih Jasa Pengiriman

Sorot Jasa kurir - jne
Sumber :
  • Twitter.com/@JNE_ID

VIVA – Senyum perempuan berjilab itu terkembang. Diterimanya sebuah benda berbungkus sampul coklat dengan lilitan selotip mengelilingi seluruh bungkusan. Sebagai petugas jasa pengiriman J&T yang berkantor di Gandaria, Jakarta Timur, ia sigap melayani pelanggan.

Dengan cekatan ia menulis alamat, menempelkannya di sebuah barang yang sudah terbungkus rapi, lalu memberikan resi kepada pelanggan di depannya yang segera membayarkan sejumlah uang.

Terjadi percakapan singkat soal alamat dan nomor telepon penerima, juga kapan kira-kira barang yang dikirim akan sampai. Tak sampai 10 menit, transaksi selesai. Pelanggan di depannya tersenyum, bangkit dari kursinya, lalu berjalan ke luar.

Pelanggan tersebut, Mustakim, mengaku sangat terbantu dengan adanya perusahaan jasa pengiriman barang. Ia baru saja mengirim jaket ke Bintaro, Tangerang Selatan. Sebagai pedagang barang-barang outdoor yang spesifik menjual jaket, sepatu, dan tas, Mustakim sangat sering menggunakan jasa mereka untuk mengirim barang. Di dalam kota, juga  ke luar kota.

Pria yang besar di Yogyakarta ini menjual dagangannya melalui media sosial dengan pembeli kebanyakan dari luar kota. "Seminggu saya bisa tiga kali mengirimkan barang ke luar kota. Lumayan, mengirim melalui jasa pengiriman memudahkan saya memantau pergerakan barang hingga sampai ke penerima," ujarnya, Selasa, 17 April 2018.

Mustakim mungkin hanya salah satu dari jutaan pedagang online yang memanfaatkan jasa perusahaan pengiriman barang. Ia aktif melakukan transaksi perdagangan online sejak memiliki akun Facebook, sekitar tahun 2009. Ketika Instagram mulai ramai, ia juga menggunakan Instagram sebagai area promosi dan penjualan.

Dari kedua media sosial itu, pembelinya semakin tersebar. Jika sebelumnya hanya lingkungan teman, lalu berkembang ke pembeli umum yang tak ia kenal dan dari berbagai kota di berbagai pulau. Ia bersyukur karena sekarang banyak perusahaan jasa pengiriman yang menawarkan berbagai kemudahan dan kemurahan harga.

Di masa lalu, hanya PT Pos yang menjadi andalan untuk pengiriman barang ke luar kota. Tapi sekarang, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman bertambah banyak. Ada TIKI, JNE, Wahana, J&T, Si Ninja Express, 21 Express, Si Cepat dan beberapa jasa pengiriman lainnya. Perusahaan ini semakin menyebar bahkan hingga ke wilayah terpencil, dengan tawaran fasilitas serta harga yang bersaing.

Tengok saja SiCepat Ekspres. Di salah satu cabangnya di kawasan Ciherang, Tapos, Depok, perusahaan yang berdiri sejak 1 Februari 2014 itu menempati sebuah ruko yang menempel di kompleks perumahan. Meski sudah empat tahun berdiri, di kawasan ini SiCepat baru menetap setahunan. Namun setiap hari kesibukan terlihat di ruko ini.

Apalagi ketika mobil box yang mengangkut barang kiriman pelanggan mereka. Ruko kian sesak dengan barang yang menumpuk. Sedikitnya sekali sehari mobil-mobil box ini mampir di ruko tersebut. Sebagai pendatang baru, SiCepat memang bergerak cepat. Data perusahaan di tahun 2016, atau dua tahun sejak berdiri, pertumbuhannya mencapai 300 persen dan berhasil menjalin kerjasama dengan 4.600 UKM yang menjalankan bisnis online dan 10 e-Commerce besar.