Bangkitnya Si Raja Kurir

Kantor pos Cikini
Kantor pos Cikini
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Linda Hasibuan

VIVA – Bangunan tua berwarna oranye itu masih berdiri kokoh. Sangat mencolok di antara deretan gedung di Jalan Pemuda, Jakarta Timur. 

Di dalam bangunan itu, dua orang petugas terlihat sibuk di sudut ruangan. Dengan cekatan, tangannya menyusun beberapa paket siap antar ke berbagai tujuan. Paket-paket itu diklasifikasikan sesuai jenis pengirimannya. Tertata dalam berbagai ukuran. 

Hari itu, aktivitas di bangunan yang menjadi kantor pos pusat dari seluruh agen pelayanan pos dan logistik di wilayah Jakarta Timur itu berjalan normal. Tidak banyak kegiatan mencolok yang terlihat di dalamnya. 

Dari 11 loket pelayanan, mulai pengiriman surat, paket barang, wesel, maupun layanan jasa keuangan, tidak terjadi antrean pengunjung. Hanya terlihat beberapa orang yang tengah dilayani oleh petugas pos jaga yang kompak mengenakan baju batik.

Di pojok sebelah kiri dalam gedung, terdapat loket khusus yang melayani jasa pengiriman barang atau logistik. Aktivitas yang terjadi pun tidak berbeda dari loket-loket lainnya. 

"Memang, pengiriman barang di kami itu prosesnya dalam sehari dua kali. Istilahnya cut of time untuk outgoing. Pertama jam 10 pagi, kedua jam 9 malam," kata Manajer Ritel Kantor Pos Indonesia Jakarta Timur, Barkah, di kantornya, Jumat 20 April 2018.

Biasanya, lanjut Barkah, pengguna pelayanan jasa pengiriman kargo PT Pos Indonesia yang hendak mengirimkan paket atau barang, terlebih dahulu didata di loket packing corner. Setelah itu, masuk ke gudang sebelum proses outgoing.