Bisnis Gurih Jasa Pengiriman

Sorot Jasa kurir - jne
Sorot Jasa kurir - jne
Sumber :
  • Twitter.com/@JNE_ID

VIVA – Senyum perempuan berjilab itu terkembang. Diterimanya sebuah benda berbungkus sampul coklat dengan lilitan selotip mengelilingi seluruh bungkusan. Sebagai petugas jasa pengiriman J&T yang berkantor di Gandaria, Jakarta Timur, ia sigap melayani pelanggan.

Dengan cekatan ia menulis alamat, menempelkannya di sebuah barang yang sudah terbungkus rapi, lalu memberikan resi kepada pelanggan di depannya yang segera membayarkan sejumlah uang.

Terjadi percakapan singkat soal alamat dan nomor telepon penerima, juga kapan kira-kira barang yang dikirim akan sampai. Tak sampai 10 menit, transaksi selesai. Pelanggan di depannya tersenyum, bangkit dari kursinya, lalu berjalan ke luar.

Sorot Jasa kurir - j&t express

Pelanggan tersebut, Mustakim, mengaku sangat terbantu dengan adanya perusahaan jasa pengiriman barang. Ia baru saja mengirim jaket ke Bintaro, Tangerang Selatan. Sebagai pedagang barang-barang outdoor yang spesifik menjual jaket, sepatu, dan tas, Mustakim sangat sering menggunakan jasa mereka untuk mengirim barang. Di dalam kota, juga  ke luar kota.

Pria yang besar di Yogyakarta ini menjual dagangannya melalui media sosial dengan pembeli kebanyakan dari luar kota. "Seminggu saya bisa tiga kali mengirimkan barang ke luar kota. Lumayan, mengirim melalui jasa pengiriman memudahkan saya memantau pergerakan barang hingga sampai ke penerima," ujarnya, Selasa, 17 April 2018.

Mustakim mungkin hanya salah satu dari jutaan pedagang online yang memanfaatkan jasa perusahaan pengiriman barang. Ia aktif melakukan transaksi perdagangan online sejak memiliki akun Facebook, sekitar tahun 2009. Ketika Instagram mulai ramai, ia juga menggunakan Instagram sebagai area promosi dan penjualan.