Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 1 April 2020 | 14:04 WIB

Hanya Golongan Ini yang Dapat Keringanan Cicilan dari Leasing

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Foto :
  • vstory
Ilustrasi driver ojek online (ojol).

VIVA – Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perpu, tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan. Salah satu isinya, yakni soal keringanan yang diberikan pada mereka yang memiliki cicilan kredit kendaraan.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu 1 April 2020, Jokowi mengatakan bahwa Otoritas Jasa Keuangan telah menerbitkan beberapa kebijakan, yaitu keringanan dan/atau penundaan pembayaran kredit atau leasing sampai dengan Rp10 miliar.

Baca Juga

Keringanan itu termasuk untuk Usaha Mikro, Kecil dan Mengengah serta pekerja informal, maksimal satu tahun. Lalu, ada juga keringanan dan/atau penundaan pembayaran kredit atau leasing tanpa batasan plafon, sesuai dengan kemampuan bayar debitur dan disepakati dengan bank atau lembaga leasing.

Melalui keterangan resmi, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia atau APPI mengaku akan mengikuti arahan OJK, dengan cara menawarkan restrukturisasi atau keringanan.

Terpopuler

Jenis keringanan yang ditawarkan antara lain:

1. Perpanjangan jangka waktu

2. Penundaan sebagian pembayaran

3. Jenis restrukturisasi lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan.

Untuk bisa mendapatkan keringanan tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, harus mereka yang masuk dalam golongan terdampak dari wabah virus corona, dengan nilai pembiayaan di bawah Rp10 miliar.

Lalu, yang mengajukan harus bekerja di sektor informal atau pengusaha UMKM. Syarat ketiga, tidak memiliki tunggakan sebelum 2 Maret 2020, saat pemerintah mengumumkan virus corona.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru