Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 1 April 2020 | 15:18 WIB

Ada Secercah Harapan untuk Mitra Ojek Online

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • ANTARA FOTO/Lucky R
Pengemudi Angkutan Umum dan ojek berbasis aplikasi daring (online) menggelar konvoi damai di Tangerang, Banten.

VIVA – Salah satu yang terkenda dampak dari imbauan untuk tetap di rumah akibat wabah virus coroa, yakni para pengendara ojek online. Jumlah penumpang berkurang, sehingga otomatis pemasukan mereka yang diandalkan secara harian juga turun drastis.

Menurut pengakuan beberapa pengendara ojol di media sosial, ada yang bekerja mencari pesanan selama berjam-jam, namun harus pulang dengan tangan hampa. Beberapa cukup beruntung, mendapat tip dari konsumen yang menggunakan jasa antar makanan.

Baca Juga

Tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, pendapatan harian mitra ojol juga ada yang digunakan untuk membayar cicilan kendaraan. Mereka tidak tahu lagi, ke mana harus mencarinya.

Presiden Jokowi mengaku paham dengan masalah tersebut. Itu sebabnya, ia mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Terpopuler

Dalam Perpu itu, ia menjelaskan bahwa Otoritas Jasa Keuangan telah menerbitkan beberapa kebijakan, yaitu keringanan dan/atau penundaan pembayaran kredit atau leasing sampai dengan Rp10 miliar, termasuk untuk UMKM dan pekerja informal maksimal satu tahun.

Selain itu, OJK juga memberikan keringanan dan/atau penundaan pembayaran kredit atau leasing tanpa batasan plafon, sesuai dengan kemampuan bayar debitur dan disepakati dengan bank atau lembaga leasing.

Dilansir dari laman Instagram OJK, Rabu 1 April 2020, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia bersama Gojek dan Grab sedang mendata seluruh mitra yang menjadi nasabah dari perusahaan pembiayaan.
?
Jadi, nantinya mereka yang masih memiliki cicilan kredit kendaraan dan berstatus sebagai pengendara ojol atau pengemudi taksi online, bisa mengajukan keringanan pembayaran. Sejauh ini, sudah ada empat leasing yang menawarkan fasilitas tersebut.

FIFGroup menawarkan penurunan besaran angsuran melalui perpanjangan jangka waktu pembayaran dan penurunan suku bunga. WOM Finance juga menawarkan jangka waktu yang lebih lama untuk pembayaran, serta keringanan angsuran.

Sementara, Mandiri Tunas Finance memberikan relaksasi dalam bentuk penundaan pembayaran kewajiban. Terakhir, ada SCUL Finance yang menawarkan bantuan dalam bentuk perpanjangan jangka waktu pembayaran, atau penundaan sebagian dari jumlah pembayaran.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ikuti Permenkes, Anies Tetap Larang Ojek Bawa Penumpang
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru