Nasib Pabrik Oli di Tengah Gempuran Pelumas OEM

Pabrik pelumas Shell
Sumber :
  • Shell Indonesia

VIVA – Meningkatnya jumlah kendaraan di dunia, membuat kebutuhan akan pelumas juga terus bertambah. Tak heran, jika kemudian banyak merek baru bermunculan di pasar.

Bahkan, beberapa pabrikan kendaraan juga membuat pelumas dengan label mereka sendiri. Bahan bakunya berasal dari beberapa merek pelumas, yang memang menyediakan khusus dalam versi original equiptment manufacturer atau OEM.

Meski demikian, ternyata merek pelumas yang saat ini jadi pemasok utama di berbagai belahan dunia ternyata berasal dari perusahaan minyak dan gas (migas), yang memang fokus pada bidang tersebut, yakni Shell.

Menurut laporan dari Kline and Company 18th Edition Global Lubricants: Market Analysis and Assessment 2020, perusahaan asal Belanda-Inggris itu menjadi pilihan utama selama 14 tahun berturut-turut.

Data tersebut didapatkan oleh Kline di tiga kategori, yakni otomotif konsumen, otomotif komersial serta pelumas untuk industri.

Pada 2019, total volume penjualan perusahaan tersebut mencapai 4.500 kiloton, atau setara 5 miliar liter. Dari jumlah itu, 34 persen adalah untuk pasar otomotif konsumen, 36 persen otomotif komersial dan sisanya industri.

“Keberhasilan Shell dalam mempertahankan posisi sebagai pemasok utama produk pelumas di dunia selama 14 tahun berturut-turut ini, merupakan sebuah prestasi dan bentuk kepercayaan konsumen kepada kami,” ujar Direktur Pelumas Shell Indonesia, Andri Pratiwa melalui keterangan resmi dikutip VIVA Otomotif Senin 14 Desember 2020.

Selama masa tersebut, Shell disebutkan sudah melakukan banyak sekali inovasi. Salah satu contohnya, yakni menjadi yang pertama dalam memasarkan produk pelumas yang lebih murni dan berasal dari gas alam.

Menghadapi era normal baru, Shell Lubricants Indonesia juga mengembangkan layanan berbasis online serta fokus pada perawatan kendaraan konsumen di rumah.

Seperti membuka toko online di enam marketplace terbesar, yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, JD.ID, dan Bukalapak. Kemudian, menyediakan layanan pengiriman produk pelumas sekaligus mekanik resmi dan terlatih ke rumah.