Toyota Siap Selidiki Mobil Avanza Saipul

Saipul Jamil dan istri Virginia
Sumber :
  • Beno Junianto

VIVAnews - Istri artis dangdut Saipul Jamil, Virginia Anggraeni, tewas dalam kecelakaan mobil di ruas tol Cipularang, Jawa Barat, Sabtu 3 September 2011, sekitar pukul 09.45 WIB.

Kecelakaan tunggal yang melibatkan minibus Toyota Avanza itu sekaligus menjadi tragedi tersendiri, karena berlangsung di tengah kepadatan arus lalu lintas mudik lebaran.

Dugaan sementara, ada tiga penyebab kecelakaan maut itu bisa terjadi. Pertama, karena kondisi mobil yang ditumpangi kelebihan beban.

"Mobil itu ditumpangi 10 penumpang. Jelas ini melebihi kapasitas mobil Avanza, yang hanya muat maksimal 7 penumpang," kata Kapolres Purwakarta Ajun Komisaris Besar Polisi, Bahtiar Ujang, saat dihubungi VIVAnews.com, Sabtu 3 September 2011.

Kemungkinan kedua, yakni hilang kendali akibat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Terakhir, kecelakaan juga bisa disebabkan kondisi si pengemudi (Saipul Jamil) tidak prima atau mengantuk.

Tidak hanya itu, rencananya polisi juga akan meminta keterangan dari Toyota-Astra Motor (TAM), guna membantu mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan. "Adanya keterangan ahli dari pihak Toyota, tentunya akan sangat membantu penyelidikan secara teknis. Apakah ada faktor lain yang memicu terjadi kecelakaan," jelas dia.

Namun, kata Kapolres, sebelum meminta keterangan saksi ahli, pihaknya akan terlebih dahulu meminta keterangan secara detail dari si pengemudi (Saipul Jamil). "Kami belum bisa mengambil keterangan pengemudinya, karena yang bersangkutan secara psikologis masih labil dan sering berubah-ubah keterangannya," ungkapnya.
 
Pihak Toyota-Astra Motor juga mengaku telah mendengar kabar kecelakaan yang merenggut nyawa Virginia. Namun, pihaknya belum menerima laporan teknis dari jaringan yang melayani pembelian dan perawatan Avanza milik Saipul.

“Bila kepolisian meminta kami (Toyota) melakukan penyelidikan teknis, kami siap mengirimkan ahli Toyota,” ujar juru bicara Toyota-Astra Motor, Rouli, Sijabat saat dikonfirmasi VIVAnews.com.

Menurut dia, di samping kesalahan teknis, penyebab kecelakaan mobil bisa terjadi akibat kecerobohan pengemudi. Rouli mengaku, pihaknya kerap mengingatkan konsumen untuk memperhatikan kondisi teknis mobil serta keselamatan berkendara.

Namun, dirinya belum bersedia berkomentar lebih tentang kondisi teknis yang terjadi pada mobil Avanza milik Saipul. "Tentunya kami ikut prihatin dan berbelasungkawa atas meninggalnya Virginia dalam kecelakaan itu," ujarnya. (art)