Deretan Mobil Baru Terlaris Tahun Ini

sorot mobil kel - Mobil MPV di Ajang IIMS 2012
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pertengahan hingga akhir tahun ini pasar otomotif nasional dibanjiri mobil-mobil baru dari berbagai jenis, mulai dari Multi Purpose Vehicle (MPV), SUV (Sport Utility Vehicle), hingga citycar.

Respon pasar pun beragam terhadap mobil-mobil ini. Meski begitu kebutuhan akan mobil 7-seater atau MPV masih cukup tinggi di Tanah Air.

Itu terbukti dengan laris manisnya dua mobil MPV terbaru milik Suzuki dan Nissan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Suzuki Ertiga sejak Maret hingga September sudah berhasil terjual sebanyak 21.081 unit.

Rekor penjualan tertinggi Ertiga terjadi pada bulan lalu, yakni 4.846 unit. Adapun penjualan tertinggi kedua mobil yang menggunakan platform Swift itu terjadi pada Juli, sebesar 4.195 unit.

Hal yang sama juga dirasakan Nissan. Pabrikan asal Jepang itu mulai memanen keuntungan dari Evalia. Mobil keluarga berdesain boxy (kotak) miliknya sudah bisa terlego 7.909 unit selama Juni-September. Penjualan tertinggi Evalia terjadi pada bulan Juli, yakni 2.482 unit. Sedangkan Evalia tipe VX 1.5 menjadi yang paling banyak diburu konsumen.

Tak mau kalah, Mazda pun menyodorkan MPV premium, Biante. Mobil ini langsung menyedot perhatian di ajang IIMS 2012 bulan lalu, dengan membukukan penjualan 159 unit.

Beralih ke segmen SUV. Mitsubishi baru saja menggebrak pasar dengan Outlander. Mobil yang diplot untuk meredam laju Honda CR-V ini pun ramai diburu. Dalam kurun waktu tiga bulan sejak diluncurkan Juli lalu, Outlander sudah terserap pasar sebanyak 2.584 unit (rata penjualan setiap bulannya 861 unit).

Honda pun tak tinggal diam. Takut pangsa pasarnya tergerus mereka langsung meluncurkan All New CR-V. Mobil yang baru diluncurkan pada tanggal 13 September lalu berhasil mencatat penjualan sebanyak 798 unit. Sebelum berganti desain, pada Agustus lalu, CR-V hanya mampu terjual 57 unit.

Gempuran mobil baru di tipe citycar pun tak kalah sengit. Duel antara Honda dan Mitsubishi kembali terjadi. Honda Brio dan Mitsubishi Mirage sama-sama berusaha merebut pangsa pasar pemain lama seperti Kia Picanto, Nissan March, Daihatsu Sirion, dan Suzuki Splash.

Sejak dua bulan diluncurkan, Brio--mobil paling murah dari Honda itu sudah terjual sebanyak 3.472 unit. Pada Agustus lalu, Brio terlego 1.062 unit. Satu bulan berikutnya angka itu melonjak menjadi 2.410 unit. Adapun tipe yang paling diminati adalah E 1.3 transmisi otomatis.

Catatan manis juga dirasakan Mitsubishi. Tak butuh waktu lama bagi mereka untuk mendulang keuntungan. Satu bulan diluncurkan, Mirage sudah terjual 1.134 unit.

Terakhir untuk segmen pickup. All-new Ranger cukup berhasil merebut hati konsumen Tanah Air. Dalam dua bulan pertama sejak diluncurkan di Indonesia, all-new Ranger telah mencatatkan lebih dari 3.000 pemesanan.