Mini Jual Mobil Untuk Warga RI yang Doyan Ngebut, Cuma 12 Unit

Mobil Mini John Cooper Works GP resmi diluncurkan di Indonesia
Sumber :
  • dok. BMW Group Indonesia

VIVA – Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, tidak mempengaruhi BMW Group Indonesia untuk meluncurkan produk baru untuk konsumen di Tanah Air. Kali ini, mobil baru yang ditawarkan secara terbatasa berasal dari merek Mini, yakni John Cooper Works GP.

President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan mengatakan, dengan kehadiran mobil baru JCW GP ini, memperlihatkan bahwa Mini Indonesia menetapkan tolok ukur baru dalam hal performa dan keseruan
berkendara, terutama di segmen sports car premium kompak.

“Hari ini, kami merayakan premiere the new John Cooper Works GP di Indonesia. Mobil Mini paling
buas yang pernah disetujui untuk penggunaan di jalan raya," ujarnya dalam peluncuran secara virtual, Senin 27 Juli 2020.

Dari tampilan luarnya, terlihat Mini John Cooper Works GP memiliki aura mobil kencang. Ini bisa dilihat dari pemakaian komponen GP pada grille, stiker bodi, spoiler di atap belakang, serta pelek JCW GP berukuran 18 inci. Untuk penyempurna, knalpot diberi pelapis stainless dan spionnya memakai cover warna silver.

Baca juga: Bugatti Luncurkan 'Mainan' untuk Anak 8 Tahun, Harga Mulai Rp500 Juta

Pada model ini, hanya akan tersedia warna bodi Grey Metallic, yang dikombinasikan dengan kelir merah pada grille dan bumper, stiker bodi dan spoiler belakang. Tak hanya itu, tampilan cakram rem yang dicat mewah juga menjadi identitas kendaraan. Berbeda dari mobil Mini lainnya, pada versi JCW GP terdapat sepatbor tambahan di empat rodanya.

Nuansa sporty juga terlihat jelas di kabin dengan nuansa hitam serta kombinasi merah pada sabuk pengaman, rangka penahan beban serta di head unit. Pada Mini JCW GP hanya disiapkan dua kursi saja, untuk pengemudi dan penumpang depan menikmati performanya.

Meski desainnya kompak, di bawah kap depan ditanam mesin empat silinder berkapasitas 2.000cc TwinPPower Turbo, yang sanggup menghasilkan tenaga 306hp dan torsi maksimum 450 NewtonMeter. Jantung penggerak itu bekerjasama dengan sistem transmisi otomatis delapan percepatan steptronic. 

Tak hanya sekadar berpenampilan sporty, perfrorma mobil sport berdesain unikt itu juga tak bisa dianggap remeh. Mini versi GP ini mampu melaju dari 0 sampai 100 kilometer per jam dalam 5,2 detik. Kecepatan maksimum yang bisa diraih kendaraan dengan desain ikonik ini adalah 265km/jam.

Head of MINI Asia, Kidd Yam mengatakan, Mini JCW GP merupakan sports car langka dengan DNA motorsport dan membuat tolok ukur baru. Mobil ini ditawarkan dengan harga rekomendasi retail Rp1,5 miliar.

"Mobil ini diproduksi di Mini Plant Oxford, di Inggris, sebanyak 3 ribu unit di dunia. Di Indonesia kami tawarkan secara terbatas, yakni 12 unit saja, dan semuanya sudah dalam proses pembelian oleh konsumen. Bahkan sudah ada beberapa yang kami kirimkan pekan lalu," tuturnya.