Dipakai Membajak Sawah, Mobil Ini Disebut Taftor Oleh Warganet

Mobil Daihatsu Taft dipakai untuk membajak sawah
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Mobil saat ini banyak dipakai untuk menemani aktivitas harian para penggunanya. Tak hanya bisa dipakai melaju di jalanan aspal, kendaraan bermotor roda empat tersebut, ada yang dirancang ulang untuk turun ke sawah.

Contoh mobil untuk membantu pekerjaan petani itu, ada dalam video yang beredar di media sosial. Salah satunya dikutip VIVA Otomotif dari akun Instagram @agoez_bandz4, Rabu 13 Januari 2021. Rekaman gambar memperlihatkan Daihatsu Taft dipakai membajak sawah.

Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) itu tak lagi memakai roda karet seperti kendaraan pada umumnya. Kaki-kaki Daihatsu Taft terlihat sudah dimodifikasi, dan mengadopsi model traktor yang biasa diandalkan para petani untuk membajak sawah.

Tak hanya sekadar pajangan, rekaman gambar di Instagram memperlihatkan mobil SUV yang populer di era 1990-an itu mengitari sebidang tanah sawah. Layaknya traktor petani ketika melaju, rodanya bisa berfungsi untuk membajak tanah sebelum ditanami.

Gambar mempelihatkan, bodi asli Daihatsu Taft tetap dipertahankan, dan hanya terlihat sepatbor kiri dan kanan dilepas untuk menyesuiakan dengan roda traktor petani yang menjadi kaki-kaki barunya.

Pintu belakangnya sudah tidak lagi terpasang. Dan, untuk menjalankan tugas sebagai pengganti kerbau maupun traktor pembajak sawah di belakang mobil dipasangi besi dengan besi bergerigi.

Unggahan ini jelas menuai beragam komentar dari Netizen. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai Taftor, yang merupakan perpaduan Daihatsu Taft dengan traktor untuk alat pertanian.

"Sebuah inovasi dalam pertanian," tulis Netizen di kolom komentar. "Sudah benar pada habitatnya Taft Kebo," komentar dari Netizen lainnya. "Ketika Sultan turun ke sawah," salah satu komentar dari akun Warganet di unggahan tersebut.