Ada Pengumuman Baru soal Toyota Innova Zenix

Produksi mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di Indonesia
Sumber :
  • Toyota Astra Motor

VIVA Otomotif – Pada November tahun lalu, Toyota meluncurkan generasi terbaru dari mobil keluarga yang selama ini jadi andalan mereka di Indonesia. Kendaraan yang dimaksud adalah Toyota Kijang Innova Zenix, yang kini tampil lebih modern dan canggih.

Berbeda dari generasi sebelumnya, Toyota Innova baru tersedia dalam pilihan mesin hybrid yang lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Tipe ini langsung diserbu oleh konsumen, hingga menimbulkan inden lebih dari enam bulan lamanya.

Tingginya permintaan akan Innova Zenix ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia saja, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia sebagai produsen baru saja mengumumkan bahwa mereka melakukan ekspor perdana model tersebut ke beberapa negara.

Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengataka bahwa pengapalan perdana kendaraan elektrifikasi Kijang Innova Zenix Hybrid merupakan bagian dari upaya Toyota Indonesia, untuk turut serta dalam mencapai target pemerintah yaitu dekarbonisasi.

VIVA Otomotif: Ekspor perdana Toyota Innova Zenix Hybrid buatan Indonesia

Photo :
  • Dok: TMMIN

“Ekspor mobil utuh ini juga tentunya termasuk baterai elektrifikasi, yang dirakit lokal di pabrik kami di Karawang,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 22 Februari 2023.

Warih menuturkan, pada tahun ini TMMIN menargetkan ekspor Kijang Innova Zenix lebih dari 8.000 unit dengan komposisi 30 persen tipe hybrid dan 70 persen tipe mesin konvensional ke negara-negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

“Diharapkan, ekspor Innova Zenix ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target 17,000 unit di 2025 untuk tipe hybrid dan konvensional,” tuturnya.

Direktur Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam mengungkapkan bahwa pengiriman unit Kijang Innova Zenix Hybrid ke luar negeri juga memperkuat posisi Toyota Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor global Toyota di kawasan Asia-Pasifik.

“Kami akan terus meningkatkan kualitas produk-produk kami ke depannya, agar semakin diterima oleh konsumen Indonesia dan mancanegara,” ungkapnya.

Sebagai informasi, ekspor kendaraan bermerek Toyota dari Indonesia dimulai sejak 1987 melalui pengapalan model Kijang Generasi 3 ke Brunei Darussalam. Saat proyek Global IMV (Innovative International Multipurpose Vehicle) hadir di 2004, volume pengiriman unit ke luar negeri meningkat pesat.