Makan Telur Rebus Malam Hari Bisa Tangkal COVID-19, Cek Faktanya

Beredar informasi di media sosial yang menyebut makan telur rebus pada malam hari bisa tangkal COVID-19.
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah postingan dari akun Facebook Update Muarajawa dengan foto berisikan screenshot pesan berantai Whatsapp tentang klaim bahwa makan telur rebus pada malam hari dapat menjadi obat COVID-19 dan esoknya sudah tidak berkhasiat untuk menangkal COVID-19. Postingan ini telah disukai sebanyak 76 kali dan disebarkan kembali banyak 10 kali.

Berikut kutipan narasinya:

“.
Semalam di kagetkan dengan broadcast seperti ini, seketika cari TELOR trus di REBUS tapi gak jadi
Hayoo siapa yang mengalami hal yang sama ????
.
.
.
#mjup26032020
#muarajawaupdate”

Hasil Cek Fakta

Dilansir cekfakta.com, menurut artikel berita dari detik.com, media sosial sempat dibuat heboh dengan adanya postingan yang menyebutkan adanya bayi yang baru lahir yang dapat berbicara bahwa telur rebus bila dimakan pada tengah malam dapat mencegah COVID-19.

Aris Yudhariansyah sebagai Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumatera Utara menjelaskan bahwa telur rebus memang mempunyai kandungan gizi tertentu yang mungkin bisa meningkatkan stamina dan lainnya dikarenakan adanya kandungan protein. Tetapi tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi telur rebus dapat menangkal COVID-19. Ia juga meminta warga untuk tetap melakukan hidup sehat dan menjaga kebersihan serta untuk tidak mudah percaya pada informasi yang tidak jelas asalnya.

Kesimpulan

Telur rebus memiliki banyak kandungan gizi tetapi tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa telur rebus dapat menangkal COVID-19.