Bongkar Pasang Vokalis Band, Popularitas Bertahan Atau Memudar?

Kerispatih
Sumber :

VIVA – Sejak grup band musik Tanah Air kembali merajai blantika musik Indonesia, bermunculan gru-grup band yang langsung melejit.  Selain karena musik yang dibawakan, para personel di grup band pun menjadi daya tarik tersendiri.

Vokalis yang menjadi magnet grup musik itupun menjadi idola tidak hanya suara mereka tapi juga lagu yang dibawakan.  Namun seiring waktu, bongkar pasang juga kerap terjadi di grup musik. Bahkan band yang telah besar tidak luput dari bongkar pasang vokalis. 

Kabar terbaru adalah grup musik Geisha. Kabar yang beredar, posisi Momo sebagai vokalis band digantikan yang lain. Kabar ini semakin santer terdengar setelah tak ada wajah Momo dalam potret terbaru Geisha. 

Bahkan seorang wanita tampak berdiri dengan personal band tersebut. Foto itu mempromosikan single terbaru Geisha, Kering Air Mataku. Sosok wanita itu adalah Regina Poetry yang tak lain seorang penyanyi dari ajang pencarian bakat.

"14 tahun bukan lah hal yang singkat. Akan selalu ada yang pro dan akan selalu ada yang kontra dengan kami bahkan dengan karya-karya kami. Apapun itu kami menerimanya dengan lapang dada. Karena maksud hati kami berkarya untuk My Geisha dan orang-orang terkasih. Kami persembahkan," tulis Instagram @geishaindonesia sebagai keterangan foto tersebut.

Sementara itu Roby, sang gitaris menuturkan bahwa ia dan personel lainnya masih berkomunikasi baik dengan Momo. Bahkan, Momo sangat mendukung keputusan Roby menggaet Regina Poetiray sebagai vokalis baru.

Optimistis masih bisa mempertahankan eksistensi Geisha tanpa Momo, Roby juga mendoakan Momo berbahagia dengan kehidupannya saat ini. Mereka juga tetap menganggap Momo sebagai keluarga besar Geisha.

"Kita sangat optimis karena ada doa Momo juga di dalamnya, Momo tetap support dan memberikan dukungannya, doanya untuk kita hari ini. Karena itu, kita optomis untuk jalan terus ke depan," katanya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Juli 2018.

Dengan begitu, dia menambahkan, Geisha bisa eksis dan berkarya lagi. Begitu juga dengan Momo bisa bahagia dengan kegiatannya. "Kita juga bahagia dengan kegiatan kita," ujar Roby.

Popularitas memudar

Siapa yang tidak mengenal band Kerispatih, semenjak kemunculannya pada 2003 silam, nama band Kerispatih memang selalu bisa mencuri perhatian masyarakat penikmat musik di Indonesia. 
Salah satu lagu band ini yang berhasil mencuri perhatian masyarakat adalah lagu berjudul Aku Harus Jujur yang sukses menadapt jutaan jumlah penonton di Youtube.

Beberapa tahun yang lalu, ketika Kerispatih sedang berada di puncak popularitas, kabar tidak sedap menimpa band ini. Sang vokalis yaitu Sammy Simorangkir akibat kasus yang menjeratnya pada saat itu, sehingga menyebabkan dirinya harus berhenti menjadi vokalis band yang dikenal selalu membuat hits yang bertema cinta tersebut. 

Pada saat memutuskan untuk mengganti vokalis, dikatakan Nicky Santoso yang tak lain adalah manajer Kerispatih, banyak pro dan kontra yang terjadi di dalam masyarakat ataupun para penggemar. 

Namun, Nicky sendiri menjelaskan bahwa semua yang ada di belakang panggung, tidak bisa diperlihatkan atau dijelaskan kepada masyarakat, hal tersebut dimaksudkan untuk sama-sama saling menghargai privasi baik dari Sammy ataupun band Kersipatih itu sendiri.

Semenjak ditinggal Sammy dan memutuskan untuk menggati vokalis menjadi Fandy, manajer Kerispatih mengatakan bahwa untuk genre lagu yang diusung Kerispatih sendiri tidak ada yang berubah masih dengan tema cinta yang memang sudah menjadi ciri khas dari band ini.

"Masih tetap enggak ada yang berubah kalau masalah lagu, cuma vokalisnya aja yang berubah," ucap Nicky Santoso saat dihubungi oleh VIVA, Minggu, 22 Juli 2018.

Kemudian, dari segi penjualan CD album Kerispatih dikatakan Nicky tidak ada yang berubah. Selain untuk para Maha Patih (Fans Kerispatih) tidak ada masalah juga dengan pergantian vokalis ini, Maha Patih tetap mendukung Kerispatih hingga saat ini.

Selain Kerispatih, nama ADA Band pasti tak asing di telinga penikmat musik Indonesia. 
Ketika kita mendengar sebuah lagu yang berjudul Manusia Bodoh, pasti yang terbersit dalam pikiran kita adalah tentang sebuah band yang berasal dari Jakarta yaitu Ada Band. 
Band yang dibentuk pada 1996 ini memang selalu sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia dengan lagu-lagunya yang terkenal bertema cinta tersebut.

Pada 2017 lalu, Ada Band sempat diterpa kabar yang tidak enak yaitu sang vokalis Donnie Sibarani memilih untuk hengkang dari band yang telah membesarkan namanya itu.  Sampai dengan saat ini Ada Band tampaknya masih belum bisa menemukan pengganti Donnie, dan hal tersebut pun diungkapkan oleh Kendy manajer dari Ada Band.

"Sementara sih masih audisi (untuk mencari vokalis baru) cuma untuk sementara waktu kalau off air kita featuring sama Dudi Oris," kata Kendy saat dihubungi VIVA, Minggu malam, 22 Juli 2018.

Semenjak ditinggalkan oleh Donnie, tampaknya band ini selalu diberi support oleh para penggemar setianya. Hal tersebut dikatakan Kendy bahwa tidak terjadi perubahan dari para penggemar setia Ada Band setelah ditinggalkan oleh Donnie.

Disinggung dengan pertanyaan mengenai genre musik yang diusung Ada Band dengan vokalis barunya nanti, Kendy mengatakan bahwa hal tersbebut akan disesuaikan dengan karakter vokal dari sang vokalis yang baru nanti.

"Untuk genre musik, mungkin mereka akan menyesuaikan dengan karakter vokal yang baru nanti untuk genre musik Ada Band," ujar Kendy.

Lain lagi yang dialami grup band Samsons, band ini sukses mencuri perhatian masyarakat diawal kemundulannya. Melalui album Naluri Lelaki yang dirilis pada 2006 silam, band ini sukses menjadi perbincangan masyarakat di seluruh Indonesia.

Pada 2010 lalu, band ini sempat ditempa kabar yang menyedihkan, sang vokals yang dikenal dengan nama Bams memilih untuk mengundurkan diri dari band yang telah membesarkan namanya tersebut. 
Setelah menunggu sekitar beberapa tahun, pada tahun 2013 band ini berhasil mengisi kekosongan vokalis dengan mendapuk Aria Dinata menjadi vokalis baru Samsons menggantikan Bams.

Setelah mengganti vokalis, sang drummer yaitu Konde mangatkan bahwa dari segi genre musik sendiri tidak ada yang berubah. Kehadiran Aria sendiri telah membawa hal positif untuk Samsons, karena Aria dinilai telah menambah khazanah musik Samson menjadi lebih lebar dan luas lagi.

"Sebenarnya enggak (tidak ada yang berubah) musiknya Samsons ya dari awal kita mulai dari sama Bams mungkin secara spesifik enggak ada yang berubah. Pas ada Aria ini membawa hal positif baru, karena keduanya beda teknik dan vokal, dan menambah khazanah musik Samsons juga jadi lebih lebar dan luas," tutur Konde saat dihubungi VIVA, Minggu, 22 Juli 2018.

Tidak hanya itu saja, Konde juga mengatakan bahwa sebelum masuk dan bergabung bersama Samson, Aria sudah memiliki banyak karya. Meski banyak pro dan kontra yang terjadi, namun menurut Konde, Aria telah membawa karakter baru kepada Samsons.

"Aria sendiri sudah banyak karya sebelum masuk Samsons, banyak pro dan kontra yang ngata-ngatain juga banyak. Intinya, ada sebuah karakter baru yang dibawa Aria, sehingga musik Samsons jadi meluas," ujar Konde.

Disinggung dengan pertanyaan mengenai karier Samsons sendiri, dikatakan Konde bahwa saat ini Samsons sedang disibukan dengan promo single terbaru mereka yang berjudul Tuhan Tak Pernah Salah, dan untuk album kelima mereka sendiri sebenarnya sudah jadi, namun Konde belum bisa memastikan kapan tepatnya album tersebut akan dirilis.

 Vokalis adalah center

Ada beberapa band di Tanah Air ini yang memutuskan untuk mengganti vokalisnya. Beberapa band yang memutuskan untuk mengganti vokalis tersebut di antaranya adalah Kerispatih, Samsons, dan yang terbaru ini adalah Geisha.

Saat dihubungi VIVA, pakar musik Bens Leo mengungkapkan pendapatnya mengenai beberapa band yang memutuskan untuk mengganti vokalisnya.

Menurt Bens Leo, kabar yang paling mengagetkan mengenai band yang mengganti vokalisnya adalah Kerispatih. Dikatakan Bens, vokalis adalah center dalam sebuah band, dan keputusan Kerispatih mengganti posisi Sammy pada saati itu membuat band tersebut harus membangun citra kembali di awal kemunculannya.

Dikatakan Bens, banyak vokalis band di Indonesia ini yang berperan besar dalam bandnya tersebut. Ada vokalis yang hanya menjadi vokalis saja, ada juga vokalis yang merangkap sebagai penulis dan pencipta lagu.

Bens Leo juga mengatakan bahwa band Peterpan adalah sebuah band yang sangat mempertahankan Ariel sebagai vokalis. Ketika Ariel terjebak kasus yang harus membuatnya dipenjara, band Peterpen yang sekarang mengubah nama menjadi Noah itu setia menunggu sang vokalis sampai terbebas.

“Kenapa Peterpen itu menjaga sekali Ariel sampai keluar tahanan karena Ariel selain vokalis juga penulis lagunya,” kata Bens Leo saat dihubungi VIVA, Rabu, 25 Juli 2017.

Kemudian, Bens juga mengatakan di Indonesia sini ada beberapa band yang sangat mempertahankan vokalisnya dan berpengaruh karena vokalisnya di antaranya adalah Sheila on 7, Kotak, dan God Bless. “Namun saya melihat di Indonesia ini vokalis  band yang kuat adalah Sheila on 7, Kotak, sama God Bless, kuat selalu,” ujar Bens Leo..