Jelang Ramadhan, Petugas Masjid Divaksinasi

Masjid Agung Al-Azhar Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bulan Ramadhan akan segera datang. Ummat Muslim akan memanfaatkan bulan penuh berkah itu untuk mengejar kebaikan dan pahala. Salah satu amalan yang biasa dilakukan di bulan tersebut adalah salat tarawih berjamaah. 

Namun pandemi COVID-19 yang masih terjadi buat beberapa pihak ragu untuk kembali beribadah di masjid. Untuk mengurangi keraguan itu, Masayarkaat Cinta Masjid Indonesia atau MCMI telah mengajukan vaksinasi untuk pengurus masjid.

Pemerintah menyetujui hal itu. Baru-baru ini sekitar 150 orang pengurus masjid di Jakarta menjalani vaksinasi.

"Hari ini ada 150 orang yang divaksinasi dari MCMI. Awalnya kita buka pendaftaran untuk uji coba, ternyata membludak yang mendaftar," kata Didi Apriadi Ketua Satgas COVID-19 MCMI saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Rencananya akan ada 1000 pengurus masjid yang divaksinasi. Mereka yang menerima berasal dari semua kalangan.

"Mulai dari pengurus, kiai, ustaz, sampai marbot. Karena marbot itu kan setiap hai berhubungan sama masjid dan jamaah ya," ujar Didi.

Rencananya dalam satu bulan ini, seribu pengurus masjid akan divaksinasi. Hal itu dilakukan guna menimbulkan rasa aman untuk ummat kembali beribadah ke masjid terutama di bulan Ramadhan.

Kegiatan vaksinasi ini sekaligus membantah kabar yang menyebutkan beberapa kalangan anti vaksin. Selain vaksinasi, pihak MCMI juga terus melakukan upaya agar meminamlisir penularan COVID-19 di lingkungan masjid.

"MCMI mengikuti SOP kesehatan dan vaksinasi, sehingga pada akhirnya para jamaah dan masyarakat dapat dengan tenang melaksanakan ibadah," ujar Didi.