Pidato 'Aneh' Joaquin Phoenix: Berkata Kasar dan Sindiran untuk Artis

Joaquin Phoenix.
Sumber :
  • Instagram/jokermovie

VIVA – Joaquin Phoenix menjadi pemenang Best Actor - Drama dalam ajang penghargaan Golden Globes 2020. Ia meraih piala Aktor Terbaik berkat perannya di film Joker. Joaquin Phoenix berhasil mengalahkan Christian Bale (Ford v Ferrari), Antonio Banderas (Pain and Glory), Adam Driver (Marriage Story), dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

Dalam pidato penerimaan pialanya, Joaquin Phoenix menyebut rekan-rekan aktor yang masuk nominasi untuk kategori yang sama dengannya. Ia menyebut, tak ada persaingan, malah memuji bahwa mereka adalah aktor dengan karyanya yang luar biasa.

Joaquin juga berterima kasih pada Todd Phillips, sutradara film Joker yang sudah mempercayakan peran tersebut padanya.

"Aku tak percaya kau bisa tahan denganku," kata Joaquin.

Baca Juga: Joaquin Phoenix Sabet Piala Aktor Terbaik di Golden Globes 2020

Aktor 45 tahun tersebut juga menyinggung isu politik, perubahan iklim, dan aksi para selebriti soal kebakaran hutan di Australia. Joaquin Phoenix mendorong agar para artis bisa melakuan hal yang lebih.

"Sangat menyenangkan melihat banyak orang muncul dan mengirimkan harapan yang baik, tapi kita harus melakukan yang lebih dari itu bukan? Aku bukan orang yang berbudi. Aku belajar banyak dari kalian yang ada di ruangan ini yang sudah memberiku kesempatan untuk menjadi lebih baik," katanya.

Ketika Joaquin mulai menyinggung soal tingkah para selebriti, tim Golden Globes memainkan musik latar yang artinya meminta sang aktor menyudahi pidatonya.

"Memang baik untuk memilih (pemilu), tapi terkadang, kita harus mengambil tanggung jawab itu dan buat perubahan, mengorbankan hidup kita sendiri. Aku harap kita bisa, tidak harus naik jet pribadi ke Palm Springs sesekali atau kembali, ku mohon," ujarnya kemudian.

Pidato Joaquin Phoenix mendapat banyak sensor untuk penonton televisi, sebab banyak kata-kata kasar yang dikeluarkannya. Warganet juga punya reaksi beragam atas pidatonya itu. Ada yang bangga, ada juga merasa, pidato sang aktor aneh, karena banyak banyak gestur kikuk, seperti menutup wajah, dan berdurasi panjang.