Sepuluh Film Laris Jerman Hadir di Indonesia

Foto Festival Film Jerman
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVA - Sepuluh film blockbuster Jerman akan segera hadir di Indonesia lewat Festival Film Jerman. Festival ini akan berlangsung dari tanggal 14 hingga 25 Januari 2012 di lima kota yakni, Jakarta, Makassar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

Acara ini merupakan bagian dari JERIN, sebuah rangkaian acara yang menghadirkan berbagai event yang berhubungan dengan Jerman dan Indonesia.

"Sepuluh film ini termasuk sukses di negara sendiri. Kami yakin film-film ini juga akan sangat menghibur penonton di Indonesia," kata Frank Werner, The Head of Cultural Program at the Goethe-Institut saat jumpa pers di Goethe Institut, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 12 Januari 2012.

Yang menyenangkan, film-film tersebut bisa ditonton secara gratis. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui kontak yang telah ditunjuk di setiap kota. Seluruh film dalam festival ini juga dilengkapi dengan terjemahan bahasa Inggris.

Epos sejarah 'John Rabe' (2009) akan mengawali program ini. Film besutan Florian Gallenberger itu akan ditayangkan pada 14 Januari 2012. Film lain yang akan menjadi sajian khusus selama acara ini adalah 'Almanya' sebuah komedi mengenai integrasi Jerman-Turki. Ada pula drama keluarga 'Die Fremde' atau kisah romantis 'Lila Lila' yang menghibur dengan kualitas sinematiknya.

"Tentang film John Rabe, berlatar belakang Nanking tahun 1937, sudah pasti ada kendala ketika saya membuatnya. Kami membutuhkan penerjemah dan sebagai sutradara, saya juga harus menghapal beberapa kata. Tapi membuat film ini menyenangkan,  saya juga bisa lebih tau tentang kebudayaan di daerah lain," ujar Florian Gallenberger, sutradara 'John Rabe' yang ikut membagi pengalamannya dalam jumpa pers.

Berikut jadwal pemutaran festival film Jerman:
Jakarta, Rasuna Epicentrum XXI (14 Januari 2012)
Jakarta, Hollywood KC XXI (15-16 Januari 2012)
Yogyakarta, Empire XXI (17-19 Januari 2012)
Surabaya, Ciputra World XXI (20-22 Januari 2012)
Medan, Cinema 21 Paladium (24-25 Januari 2012)
Makassar, Panakukang XXI (24-25 Januari 2012)