Bintang Film Kontroversial Lolita, Sue Lyon Meninggal Dunia

Sue Lyon dalam film Lolita.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Bintang film adaptasi novel karya Vladimir Nabokov, Lolita, Sue Lyon meninggal dunia di usia 73 tahun pada 28 Desember 2019. Film yang dinilai beberapa orang sebagai sebuah karya satir dengan unsur pornografi ini adalah film klasik yang dirilis tahun 1962. Tidak diungkapkan waku, penyebab dan detail lainnya tentang kematian Lyon.

Dilansir dari laman Vanity Fair, Minggu, 29 Desember 2019, wanita bernama lengkap Suellyn Lyon lahir di Davenport, Iowa, Amerika Serikat dan telah menikah sebanyak lima kali. Pernikahan pertamanya, yakni dengan Hampton Fancher, aktor dan penulis naskah, hanya bertahan dua tahun.

Ia lalu menikah dengan fotografer Afrika-Amerika dan punya satu orang anak. Suami ketiganya sempat tersandung skandal pembunuhan dan perampokan. Lyon pun menceraikannya pada tahun 1974 setelah sang suami keluar dari penjara dan merampok bank.

Sue Lyon diketahui bercerai dengan suami kelimanya pada 2002. Hingga akhir hidupnya, ia diketahui hanya memiliki satu orang anak

Sebagai informasi, film yang membesarkan namanya, Lolita, bercerita tentang seorang profesor sastra yang terobsesi dengan gadis remaja, yang tak lain dan tak bukan adalah anak tirinya sendiri.

Lolita yang karakternya bernama Delores Haze digambarkan sebagai remaja berusia 12 tahun di novel Nabokov. Sementara Lyon sendiri berusia 14 tahun saat melakukan casting dan 15 tahun saat syuting filmnya. Film itu rilis ketika ia berusia 16 tahun.

Karena film Lolita, Sue Lyon masuk dalam nominasi penghargaan Golden Globe di tahun 1963 untuk kategori Most Promising Female Newcomer atau Pendatang Baru Wanita Paling Menjanjikan.

Film kontroversial tersebut menjadi begitu populer sekaligus mencetak kesuksesan Lyon sebagai penyanyi dengan single Lolita Ya-Ya, yang juga dipakai sebagai soundtrack film itu.

Setelah Lolita, Lyon membintangi sejumlah film, seperti Night of the Iguana, 7 Women, Tony Rome dan Evel Knievel. Dia juga tampil di sejumlah serial TV terkenal, mulai dari Love, America Style, Police Story hingga Fantasy Island.

Film terakhir Sue Lyon adalah Alligator yang rilis pada 1980 silam.