Mundur Dari Kerajaan, Ini Total Kekayaan Harry dan Meghan Markle

Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Sumber :
  • Instagram @sussexroyal

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari pasangan kerajaan Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle. Mereka memutuskan  mundur sebagai anggota senior Keluarga Kerajaan di tahun baru. 

Dalam pernyataannya mereka menulis bahwa keduanya akan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial. Meski demikian, total kekayaan mereka sesungguhnya juga telah sangat banyak. 

Meghan sebelumnya adalah seorang aktris yang sukses, sementara Pangeran Harry mendapatkan dan mewarisi kekayaan. Meghan dan Harry tinggal di Istana Kensington sebelum pindah ke Frogmore Cottage di Windsor.

Akun kerajaan sendiri mengungkapkan sebanyak £2,4 juta atau Rp43 miliar uang pajak digunakan untuk merenovasi rumah, dengan biaya yang tersisa didanai secara pribadi oleh pasangan tersebut. Renovasi Duke and Duchess of Cambridge's Apartment 1A di Kensington Palace dilaporkan menelan biaya £4,5 juta atau Rp81 miliar, sementara untuk pekerjaan di rumah mereka, Anmer Hall di Norfolk mencapai £1,5 juta atau Rp27 miliar. 

Meghan dan Harry pada 2019 lalu juga sempat dikabarkan bepergian dengan jet pribadi.  Hal itu sempat mendapat kritik. Perjalanan jet pribadi didanai secara pribadi oleh pasangan tersebut, sementara untuk kunjungan mereka ke rumah liburan keluarga Sir Elton John, disebut telah didanai oleh musisi tersebut. 

Sebagai anggota senior Keluarga Kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle bekerja penuh waktu untuk mempromosikan upaya amal baik di rumah maupun di luar negeri di negara-negara Persemakmuran. Lantas berapa banyak sebenarnya kekayaan mereka. 

Sebelum menikah, Meghan Markle memiliki keuangan yang cukup sehat.  Menurut The Independent, Duchess of Sussex sebelumnya memiliki kekayaan pribadi sekitar £3,8 juta atau Rp69 miliar. 

Semua itu didapat dari saat ia membintangi sebagai paralegal Rachel Zane dalam lebih dari seratus episode dan tujuh musim Suits.  Dia dilaporkan menerima sekitar £37.000 per episode, yang menempatkan gaji tahunannya di sekitar £333.000 atau Rp5,8 miliar. 

Meghan juga muncul di beberapa film, termasuk komedi romantis saluran Hallmark dan Horrible Bosses, di mana ia memiliki cameo 30 detik sebagai gadis pengiriman.  Perannya dalam film 2010 Remember Me dilaporkan menghasilkan £140.000 atau Rp 2,5 miliar, sedangkan untuk The Candidate ia dibayar £130.0000 atau sekitar Rp2,2 miliar.  Di luar akting, Meghan telah menghasilkan uang dari dua koleksi untuk merek fesyen Kanada, Reitmans.

Blog gaya hidup lama Meghan ‘The Tig’, yang ia jalankan dari 2014 hingga 2017, tampaknya menghasilkan lebih dari £61.000 setahun atau Rp11 miliar

Sementara itu kekayaan bersih Pangeran Harry diperkirakan sekitar £30 juta atau Rp54 miliar yang dilaporkan sama dengan kekayaan saudaranya, Pangeran William, £30 juta. Duke of Sussex mewarisi sebagian besar uangnya dari ibunya, Putri Diana, dan dari Ibu Suri.  Menurut BBC, Ibu Suri menempatkan sebagian besar kekayaannya yang diperkirakan mencapai 70 juta poundsterling atau Rp120 miliar ke dalam dana perwalian untuk cicitnya pada tahun 1994.

Pangeran William dan Harry dilaporkan berbagi sekitar 14 juta poundsterling atau Rp254 miliar dari tanah milik nenek buyut mereka.

Kedua saudara lelaki itu mewarisi tiga perempat dari tanah milik Putri Diana senilai 21 juta poundsterling atau Rp381 dengan seperempat lainnya diberikan kepada 17 anak baptisnya.  Sebelum kematiannya, Putri Diana dilaporkan meninggalkan surat wasiat yang berbunyi bahwa ia ingin mengalokasikan semua perhiasan untuk putra-putra mereka, sehingga istri-istri mereka, pada waktunya, dapat memiliki atau menggunakannya."

Ketika dia bertunangan dengan Kate Middleton, Pangeran William menghadiahkan calon istrinya cincin pertunangan safir milik ibunya, yang diperkirakan bernilai £300.000 atau  Rp5 miliar 

Harry sebelumnya juga mendapat pemasukan tahunan dari kariernya sebagai perwira Angkatan Darat Inggris.  Town & Country melaporkan ia menghasilkan sekitar £45.000 atau Rp800 juta per tahun. 

Sumber pendapatan lain untuk Pangeran Harry adalah tunjangan tahunannya dari Duchy of Cornwall. Perkebunan mendanai kegiatan publik, pribadi dan amal Pangeran Charles dan keluarganya.  Menurut situs resminya, perkebunan telah melayani kebutuhan keuangan keluarga kerajaan sejak 1337.

Menurut The Telegraph, tahun lalu Pangeran Charles membayar £ 4,9 juta Rp89 miliar dari pendapatan Duchy of Cornwall-nya terhadap kegiatan kerajaan resmi Pangeran William, Pangeran Harry dan mitra mereka. Jika kekayaan keduanya digabung pasangan ini diperkirakan memiliki uang senilai £33 juta atau Rp599 miliar.