Freddie Mercury, Pentolan Queen yang Meninggal karena AIDS

Freddie Mercury.
Sumber :
  • Instagram.com/officialqueenmusic

VIVA – Hari ini, 73 tahun lalu atau tepatnya pada 5 September 1946, Freddie Mercury lahir. Vokalis band Queen yang meninggal pada 24 November 1991 ini merupakan sosok musisi dunia yang legendaris. Freddie bahkan disebut sebagai salah satu penyanyi terbaik dalam sejarah musik rock.

Sosok Freddie Mercury ini memang sangat unik. Gayanya yang flamboyan jadi ciri khas tersendiri tiap kali beraksi di atas panggung. Suaranya banyak diteliti dan Freddie dinilai sebagai dewanya penyanyi, karena menjangkau hampir 5 oktaf, dari bass F2 ke soprano F6. Freddie juga dikenal punya kemampuan luar biasa melompat dari satu nada ke lainnya tanpa kesulitan.

Pria yang memiliki nama asli Farrokh Bulsara ini lahir di Stone Town, Tanzania dan banyak menghabiskan masa kecilnya di India. Freddie sempat kembali ke Tanzania pada tahun 1963 lalu pindah ke Middlesex, Inggris karena masalah keamanan di Zanzibar, Tanzania.

Freddie Mercury juga dikenal punya masalah pada giginya. Ada empat gigi tambahan di bagian belakang mulut yang menyebabkan gigi depannya maju. Namun Freddie menolak dioperasi, karena khawatir akan mengganggu suaranya.

Baca Juga: Bohemian Rhapsody: 5 Fakta Tentang Freddie Mercury

Sebagai seorang musisi andal, Freddie Mercury membawa Queen ke puncak kesuksesannya dengan lagu-lagu abadi sepanjang masa. Sebut saja Don't Stop Me Now, Bohemian Rhapsody, Crazy Little Thing Called Love, Somebody to Love, dan sebagainya lahir dari tangan Freddie Mercury. Dia juga Sempat merilis dua album solo dan single, meski tak sesukses perjalanannya bersama Queen.

Kehidupan pribadi Freddie Mercury pun tak luput dari sorotan. Pasangan yang paling terkenal adalah Mary Austin, wanita yang hidup bersamanya beberapa tahun di West Kensington, London. Meski sudah berpisah, Mary Austin kerap masih menjadi sahabat bagi sang musisi.

Freddie Mercury juga pecinta sesama jenis. Jim Hutton adalah pasangan Freddie dari 1985 hingga 1991, sampai akhir hayatnya. Sang legenda pun meninggal karena pneumonia yang diakibatkan juga oleh AIDS yang dideritanya.

Kisah Freddie Mercury bersama Queen dan secuplik cerita cintanya dituang dalam film Bohemian Rhapsody di mana Rami Malek berperan sebagai sang vokalis. Film itu sukses mendatangkan banyak sekali penghargaan, beberapa di antaranya adalah Best Actor di Oscar dan Golden Globe untuk Rami Malek, Best Sound Editing dan Best Sound Mixing Oscar.