Terungkap, Cuma Hal Ini yang Bisa Hentikan Laju Marc Marquez

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Instagram/@motogp

VIVA – Mantan pembalap MotoGP, Loris Capirossi, memprediksi belum ada pembalap yang bisa menghentikan dominasi Marc Marquez dalam beberapa musim ke depan. Sebab, hanya satu hal yang bisa menghentikan laju Marquez dan itu adalah cedera.

Sejak naik ke kelas tertinggi pada 2013, pembalap asal Spanyol itu langsung melesat untuk bersaing di papan atas. Dia bahkan mampu merengkuh gelar juara dunia di kelas premium pada musim perdananya.

Sejak saat itu, dominasi pria 26 tahun seakan tak terbendung oleh pembalap lain. Dia hanya kehilangan gelar juara di musim 2015. Selebihnya, Marquez selalu mengakhiri musim dengan menyabet gelar juara dunia.

Total, Marquez sudah mengumpulkan delapan gelar juara dunia dengan rincian enam gelar di kelas MotoGP, satu di Moto2 dan satu gelar lainnya di kelas 125cc.

Melihat pencapaiannya di musim lalu, Capirossi menilai jika dominasi Marquez masih bakal bertahan dalam beberapa musim ke depan. Dia bahkan sangat yakin jika Marquez bakal segera menyamai rekor Valentino Rossi yang mengumpulkan sembilan gelar juara dunia.

"Saya sudah di olahraga ini selama 30 tahun dan saya harus akui saya tak pernah melihat pembalap sepotensial Marquez. Honda bukan motor terbaik di 2019. Tapi, Marc sangat luar biasa dan sangat sulit mengalahkannya," ujar pembalap asal Italia dikutip Tuttomotoriweb.

Ditambahkan Capirossi, banyak faktor yang membuat Marquez bisa terus mempertahankan hegemoninya di MotoGP. Terlebih, saat ini dia semakin dewasa dan berhasil mengurangi jumlah kecelakaan di tiap musimnya.

"Marquez menjalani musim yang sempurna di 2019. Dia semakin dewasa. Pembalap sepertinya yang selalu meraih podium sangat sulit untuk dikalahkan," kata Capirossi.

"Balap motor adalah olahraga yang berbahaya dan menurut saya, hanya kecelakaan hebat dan cedera yang bisa menghentikannya membukukan rekor. Sayangnya, dia sudah jarang terjatuh," lanjutnya.

Lebih lanjut, pria berpaspor Italia itu juga mengungkapkan faktor lainnya yang bisa menghambat perkembangan Marquez. Dan itu muncul dari pabrikan sang pembalap yang dalam kasus ini Honda.

"Kelemahan Marquez saat ini adalah motornya. Sangat menarik untuk memahami bagaimana tim bakal mengembangkan motornya. Dan itu adalah satu-satunya kelemahan Marquez saat ini," tutur pria 46 tahun.