71 Menit Membara, Anthony Ginting Juara Indonesia Masters 2020

Tunggal Putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menghadapi wakil Denmark, Anders Antonsen di babak final Indonesia Masters 2020. 

Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 19 Januari 2020, Ginting menang dalam pertempuran membara tiga gim 17-21, 21-15, dan 21-9.

Ginting menyambut laga ini dengan dada membusung. Dari dua rekor pertemuan sebelumnya, pebulutangkis 23 tahun itu selalu meraih kemenangan.

Benar saja, Ginting langsung tancap gas. Saat pertandingan baru berjalan dua menit, dia sudah meninggalkan Antonsen 4-1. Namun, Antonsen perlahan bangkit dan situasinya malah berbalik.

Ginting menjadi bulan-bulanan Antonsen. Pebulutangkis peringkat tiga dunia itu berhasil membalikkan kedudukan 11-9 di interval pertama. 

Tekanan terus dilakukan Ginting untuk mengejar selisih poin dari Antonsen. Tapi, lawan juga tampil apik, smash tajam Antonsen menghujam lapangan sisi kiri Ginting dan membuat poin 14-12 untuk Antonsen.

Ginting sempat bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 15-15. Namun, momentum itu kembali hilang setelah Antonsen memperagakan permainan cepat. Hingga akhirnya, Ginting pun menyerah di gim pertama 17-21.

Di gim kedua, Ginting kembali mencoba menguasai tempo pertandingan. Dia bermain sedikit lebih sabar dan tidak memberikan bola-bola tinggi pada Antonsen.

Strategi itu cukup ampuh, Ginting kembali meninggalkan Antonsen di awal pertandingan. Kali ini, Ginting unggul 8-3. Ginting berhasil unggul 11-6 di interval kedua setelah Antonsen melakukan kesalahan. Pukulannya melebar di sisi kiri pertahanan Ginting. 

Smash tajam Ginting berhasil memperdaya Antonsen setelah terjadi rally panjang. Ginting masih memimpin usai jeda dalam kedudkan 14-10.  Antonsen kocar-kacir, Ginting tampil kesetanan. Smash tajam Ginting sukses membuat Antonsen terduduk. Poin 17-14 untuk Ginting.

Akhirnya, Ginting berhasil menutup gim kedua dengan kemenangan 21-15 setelah jumping smash-nya memperdaya Antonsen. Di gim pamungkas, Ginting melesat meninggalkan Antonsen. Dia berhasil unggul jauh di interval ketiga 11-4. 

Jarak poin yang cukup jauh membuat Ginting nyaman. Sedangkan Antonsen terus berkutat dalam kesalahan. Ditambah ‘teror’ suporter yang membuatnya seperti tertekan. Hingga akhirnya, Ginting berhasil menjuarai Indonesia Masters 2020 setelah menang di gim ketiga 21-9.