Kontingen Asian Games Indonesia Resmi Dikukuhkan

Pengukuhan Kontingen Asian Games Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Radhitya Andriansyah

VIVA – Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 resmi dikukuhkan. Upacara pengukuhan Kontingen Asian Games Indonesia, digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 5 Agustus 2018.

Dalam kesempatan ini, Ketua INASGOC, Erick Thohir, bertindak sebagai pemimpin upacara. Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, bertindak sebagai pembina upacara.

Sebanyak 350 atlet dari 20 cabang olahraga hadir di upacara ini. Selain mengukuhkan Kontingen Asian Games Indonesia, dalam upacara ini juga dilakukan penandatanganan pakta integritas Chief de Mission (CdM) Asian Games 2018, Komjen Pol Syafruddin Prawiranegara. 

Ketua INASGOC dalam sambutannya menegaskan, Kontingen Asian Games Indonesia wajib memperjuangkan target yang dipasang pemerintah, menembus 10 besar. Dengan jumlah 1383 atlet, Erick optimis Indonesia bisa mencapai target tersebut.

"Kami menyampaikan penghargaan kepada Menpora, CdM, dan seluruh pengurus cabang olahraga yang terus menyiapkan para atlet untuk tampil di Asian Games. Kontingen Indonesia adalah yang terbanyak, dan itu membuktikan kita adalah bangsa yang besar.  Target yang harus kita perjuangkan adalah 10 besar," kata Erick dalam sambutannya.

Sementara itu, Puan juga menyerukan agar seluruh atlet Indonesia membuktikan diri layak untuk mewakili Merah Putih di Asian Games 2018. Sebab menurutnya, menjadi wakil di ajang internasional adalah sebuah kebanggaan sekaligus tanggung jawab yang besar.

"Ini adalah peristiwa yang membanggakan. Ini adalah sebuah tanggung jawab yang besar. Karena, Anda semua adalah wakil bangsa dan negara di Asian Games. Tapi, Anda semua patut berbangga karena Anda adalah seorang yang layak mewakili bangsa dan negara," kata Puan.

"Asian Games tinggal semakin dekat, hanya tinggal 13 hari lagi dan akan dibuka secara resmi pada tanggal 18 Agustus 2018. Saat ini sudah terdaftar 17.000 atlet dan ofisial, yang akan 465 medali emas. Saya yakin kontingen Indonesia sudah menyiapkan segala sesuatunya. Berlatih tanding di dalam dan luar negeri serta menyusun strategi yang efektif untuk meraih prestasi tertinggi. Saya yakin, Kontingen Indonesia mampu meraih prestasi di level Internasional. Melangkahlah dengan kebanggaan dan pantang menyerah," ujarnya.