Mengejutkan, Duo India Habisi Juara Dunia Ahsan/Hendra di French Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Kejutan besar tercipta di sektor ganda putra dalam perebutan tiket menuju perempatfinal  BWF World Tour Super 750, French Open 2019.

Juara Dunia 2019 Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan secara tak terduga dikalahkan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis Kamis malam 23 Oktober 2019.

Sejak awal game pertama pemegang ranking 11 dunia itu mampu menguasai perolehan angka. Bahkan hingga lepas jeda sang Juara Dunia 2019, Ahsan/Hendra dibuat tak pernah mampu menyamakan angka, di waktut jeda saja mereka unggul 9-11.

Namun mendekati waktu krusial, tepatnya di menit 10, untuk pertama kalinya Ahsan/Hendra berhasil menyamakan poin 14-14 dan juga berbalik unggul 16-14 setelah mendapatkan 5 angka beruntun ketika sempat tertinggal 12-14.

Dalam kondisi tertinggal, Satwiksairaj/Chirag kembali menekan pertahanan The Daddies, hasilnya sangat baik, mereka mampu menyamakan angka 17-17.

Tak cuma itu saja, mereka mampu kembali menguasai perolehan poin dengan keunggulan 17-19. Dan akhirnya, Ahsan/Hendra dipaksa menyerah di menit 16 dengan angka tipis 18-21.

Kekalahan di game pertama cukup mengangkat motivasi juara All England Open 2019 itu untuk memaksakan terjadi rubbergame dengan merebut kemenangan di laga game kedua. Terbukti sejak awal game kedua mereka langsung mendominasi permainan.

Setelah angka sama kuat 1-1 dan 2-2, Ahsan/Hendra melejitkan perolehan angka mereka untuk unggul jauh pada kedudukan 10-5. Pada kondisi tercecer Satwiksairaj/Chirag sempat bangkit dan berhasil menipiskan perolehan poin, saat jeda mereka hanya tertinggal 2 poin saja dari Ahsan/Hendra pada kedudukan 11-9.

Usai jeda Satwiksairaj/Chirag terus mengejar angka, tapi kali ini tak semudah yang mereka bayangkan. Ahsan/Hendra mulai bisa menguasai ritme pertandingan dan menjaga keunggulan angka dengan selisih 2 poin. Hingga menit 29 Ahsan/Hendra tetap unggul 16-14.

Mendekati akhir game penguasa ranking 2 dunia itu masih tetap unggul 19-17 dan akhirnya di menit 33 Ahsan/Hendra menunaikan targetnya untuk bisa menciptakan rubbergame, mereka merebut kemenangan dengan angka 21-18.

Pada game terakhir, Satwiksairaj/Chirag tampil mengganas, setelah poin sama kuat 3-3 mereka mampu mendapatkan 4 angka beruntun dan meninggalkan Ahsan/Hendra pada kedudukan 3-7. Malahan saat jeda, Satwiksairaj/Chirag mampu memperlebar keunggulan angka 5-11.

Setelah jeda, Satwiksairaj/Chirag semakin ganas saja, dengan cepat mereka melambungkan angka dan unggul jauh dengan selisih 10 dari Ahsan/Hendra pada skor 6-16. Ahsan/Hendra berusaha bangkit dan perlahan mereka mulai mampu mengejar angka Satwiksairaj/Chirag, di menit 48 kedudukan sudah berubah 11-18. Dan akhirnya Satwiksairaj/Chirag menghentikan perlawanan Ahsan/Hendra, mereka merebut kemenangan dengan angka telak 13-21 di menit 53.

Kemenangan ini menghantar mereka lolos ke perempatfinal untuk menghadapi Kim Astrup/Anders Skaarups Rasmussen. Ganda Denmark ini telah lebih dahulu lolos usai kalahkan ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca: Lee Yong Dae Cedera, Kevin/Marcus Lolos ke Perempatfinal French Open