Timnas Basket Amerika Serikat Rajanya Olimpiade

Timnas Basket Amerika Serikat
Sumber :
  • twitter.com/Tokyo2020

VIVA – Timnas Basket Amerika Serikat berhasil memenangkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Pada pertandingan final melawan Prancis, Sabtu 7 Agustus 2021, mereka menang 87-82.

Ini adalah medali emas ke-16 Amerika Serikat dari cabang olahraga basket di Olimpiade. Ini membuat mereka menjadi yang paling banyak menjadi juara.

Sejak basket dipertandingkan di Olimpiade Berlin 1936, Amerika Serikat sudah menjadi juara. Itu berlangsung sampai enam Olimpiade berikutnya.

Tujuh medali emas Olimpiade menjadi rekor terbaik Amerika Serikat. Sampai akhirnya kedigdayaan mereka terhenti oleh Uni Soviet pada final Olimpiade Munich 1972.

Namun, pada Olimpiade Montreal 1976 Amerika Serikat kembali meraih medali emas. Sayang sempat tahun kemudian di Moscow, mereka tidak ikut serta karena melakukan aksi boikot.

Ketika menjadi tuan rumah, Olimpiade Los Angeles 1984, Timnas Basket Negeri Paman Sam kembali jadi pemenang. Tapi, di Olimpiade Seoul 1988, mereka gagal.

Kebangkitan Amerika Serikat dimulai pada Olimpiade Barcelona 1992. Karena sejak saat itu sampai Olimpiade Sidney 2000, mereka sukses meraih medali emas.

Baru di Olimpiade Athena 2004 Argentina yang giliran menjadi juara. Ketika itu Amerika Serikat harus puas dengan raihan medali perunggu.

Peluang Amerika Serikat untuk mengulang sejarah di awal bisa saja terulang kembali. Karena dari Olimpiade Beijing 2008 sampai sekarang, mereka sudah empat kali beruntun meraih medali emas.

Cabang olahraga basket sudah dipertandingkan dalam 20 edisi Olimpiade. Dari semuanya, cuma sekali Amerika Serika gagal dapat medali, itu juga karena boikot pada Olimpiade Moscow 1980. Sisanya mereka menang 16 medali emas, satu perak, dan dua perunggu.