Resmi Bergulir Lagi, Proliga 2022 jadi Ajang Seleksi SEA Games Vietnam

Konferensi pers Proliga 2022
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Setelah absen cukup lama, tepatnya sejak Maret 2020, akibat pandemi COVID-19, kompetisi voli tingkat nasional yang bertajuk PLN Mobile Proliga 2022 resmi bergulir kembali mulai 7 Januari hingga 27 Maret 2022 mendatang. Berkonsep semi-bubble, kompetisi ini akan digelar di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

Sebanyak enam tim putra dan lima tim putri akan meramaikan Proliga musim ini yang memasuki tahun ke-20. Semakin meriah dikarenakan Proliga musim ini menggandeng EMTEK Group yang akan menyiarkan seluruh 66 pertandingan.

Ketua Umum PP PBVSI Komjen Pol. (Purn) Drs. Imam Sudjarwo, M.Si, menyambut gembira dimulainya Proliga 2022 yang sempat terhenti karena pandemi COVID-19. Dan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, kompetisi musim ini terpaksa dihelat tanpa penonton.

Perwakilan tim putra Proliga 2022

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Setidaknya adanya Proliga ini masyarakat terobati. Karena sudah hampir dua tahun terhenti akibat adanya Pandemi Covid-19 yang melanda dunia," ujar Imam Sudjarwo.

Ditambahkan Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, selain tak ada penonton, semua pihak yang terlibat dalam proliga bakal menjalani protokol kesehatan yang ketat. Atlet yang bertanding pun sudah harus divaksin lengkap.

"Semua atlet, ofisial, dan semua perangkat pertandingan sudah harus divaksin dan diswab PCR dengan hasil negatif," kata Hanny.

"Kompetisi Proliga harus berputar, meski dengan tidak ada penonton dan berlangsung di satu tempat. Semoga saja pada tahun-tahun yang akan datang sudah berjalan seperti biasa," tambahnya.

Bagi PBVSI, even Proliga 2022 ini menjadi ajang seleksi dalam membentuk tim nasional yang dipersiapkan menuju SEA Games di Vietnam yang dijadwalkan berlangsung tahun depan.

Perubahan Peserta Proliga 2022

Secara jumlah, peserta yang mengikuti Proliga 2022 tidak ada perubahan yakni enam putra dan lima putri. Akan tetapi, ada perbedaan dari tim peserta dibanding Proliga 2020.

Perwakilan tim putri Proliga 2022

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

Pada perhelatan tahun depan, di bagian putra terdapat dua tim baru yaitu Bogor LavAni dan Kudus Sukun Badak. Dua tim lain yang tidak lagi mengikuti kompetisi ini adalah Jakarta Garuda dan Lamongan Sadang MHS.

Di bagian putri, terdapat peserta yang kembali berkiprah yaitu Jakarta Elektrik PLN. Tim yang pernah menjuarai Proliga sebanyak enam kali itu absen pada Proliga 2020. Klub milik BUMN itu sudah hadir sebagai peserta pada tahun ketiga Proliga yakni 2004.

"Vidio sebagai platform lokal terlengkap senantiasa melakukan inovasi untuk terus menghadirkan konten-konten olahraga unggulan sehingga Vidio bisa menjadi destinasi utama para penggemar olahraga di Tanah Air. Kami sangat bangga menjadi platform penyiar resmi untuk Proliga 2022," tutur VP Content Vidio, Eva S. Kurnia.

Berikut peserta Proliga 2022:

Putra
Jakarta BNI 46
Surabaya Bhayangkara Samator
Palembang Bank SumselBabel
Jakarta Pertamina Pertamax
Bogor LavAni
Kudus Sukun Badak

Putri
Jakarta Popsivo Polwan
Bandung BJB Tandamata
Gresik Petrokimia
Jakarta Pertamina Fastron
Jakarta Elektrik PLN