Formula 1 Ubah Waktu Start Balapan

GP Formula F1 Spanyol
Sumber :
  • Twitter/F1

VIVA – Formula 1 (F1) resmi mengubah waktu start balapan pada musim 2021. Nantinya, setiap Grand Prix akan memulai balapan ketika jarum jam yang panjang tepat di angka 12 dan tidak lagi lewat 10 menit.

Sebelumnya, kebijakan start lebih 10 menit diterapkan supaya pemilik hak siar televisi bisa membangun kemeriahan sebelum lomba dimulai.

Namun, pada Jumat 29 Januari 2021, Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan pemilik hak komersial F1 Liberty Media memutuskan untuk menghapus kebijakan yang pertama kali dikenalkan pada 2018 lalu.

F1 menyatakan bahwa keputusan meniadakan lewat 10 menit tersbeut akan membantu tim menangani tekanan waktu di hari balapan dan menyedeharnakan jadwal.

Sebagian besar Grand Prix di Eropa akan memulai start pada pukul 15.00 waktu setempat. Sedangkan seri lainnya yang diluar Eropa sudah disesuaikan.

Sementara itu, F1 juga memutuskan untuk memangkas sesi latihan bebas yang digelar Jumat dengan masing-masing durasi selama 1 jam, sama seperti sesi latihan Sabtu, ketimbang melanjutkan durasi 90 menit.

"Pengurangan menjadi satu jam dalam waktu sesi latihan itu akan memaksa tim untuk memadatkan aksi di trek agar mendapati mobil mereka dengan set-up terbaik pada sesi kualifikasi dan balapan," tulis pernyataan resmi F1.

F1 sendiri telah merilis kalender yang terdiri dari 23 seri pada musim ini dengan Grand Prix pembukan di Bahrain pada 28 Maret nanti.