Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Pertamina Enduro VR46 Racing Team saat sesi tes MotoGP 2024 di Qatar
Sumber :
  • instagram.com/vr46racingteam

Jakarta, 2 April 2024  –  Perusahaan pemilik Formula 1 yang berbasis di Amerika, Liberty Media akhirnya secara resmi akuisisi induk dari ajang balap roda dua MotoGP, Dorna Sports. Liberty Media keluarkan kocek Rp72 triliun  untuk lakukan akuisisi itu.

Martin Juara, Sprint Race MotoGP Spanyol Diwarnai Banyak Kecelakaan Termasuk Marquez & Bagnaia

Seperti dilansir Crash, Liberty Media mengakuisisi sekitar 86% saham Dorna Sports. "Liberty Media Corporation telah mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi MotoGP," bunyi pernyataan resmi MotoGP.

Sementara itu pihak Dorna Sports akan mempertahankan 14% saham dalam bisnis tersebut. Nilai perusahaan dari MotoGP digambarkan sebesar 4,2 miliar Euro, dan perjanjian dari transaksi ini akan selesai pada akhir tahun 2024. 

Marc Marquez Start Terdepan di Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024

"Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan langsung terkemuka kami dengan akuisisi MotoGP," kata Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei, dikutip VIVA Otomotif.

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez

Photo :
  • instagram.com/gresiniracing
ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

"Bisnis ini memiliki potensi yang signifikan, dan kami berniat untuk mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami," tambahnya.

Sebagai catatan, walau Liberty Media pemegang saham mayoritas MotoGP, Dorna Sports tetap diberi keleluasaan untuk mengelola MotoGP, Moto2, Moto3, MotoE, World Superbike, dan FIM Women's Circuit Racing World Championship. Posisi Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna Sports juga takkan diganti.

Carmelo Ezpeleta

Photo :
  • motogp.com

"Ini adalah langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat senang dengan pencapaian yang diberikan oleh Dorna, paddock MotoGP, dan para penggemar balap," kata Carmelo Ezpeleta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya