Hari Pertama Final Tur BWF, Ini Rekor Pertemuan Para Pemain Indonesia

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon
Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVA – Skuat bulutangkis Indonesia akan tampil berlaga pada hari pertama gelaran BWF World Tour Finals, Rabu 12 Desember 2018 di Hall Tianhe, Guangzhou, China.

Dan pertarungan pembuka armada Merah Putih di ajang berhadiah total senilai US$1.500.000 tersebut tidaklah mudah. Beberapa di antaranya bahkan sudah harus bertemu musuh bebuyutan yang memiliki rekor lebih baik dalam catatan pertemuan mereka.

Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting telah ditunggu pemain Taiwan yang kerap menyulitkannya, Chou Tien-chen.

Tien-chen yang merupakan unggulan pertama, tentu ingin langsung tancap gas di laga perdananya, namun Ginting justru punya sedikit keunggulan dalam hal rekor pertemuan dengan angka 4-3 milik pemain asal Cimahi itu.

Tak cuma Ginting, pemain senior Tommy Sugiarto juga menjajal pertarungan pembuka dengan membidik kemenangan dari wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen. Kepercayaan diri tinggi dimiliki Tommy dengan membukukan rekor pertemuan 3-0 atas Wangcharoen.

Sementara itu dari kerasnya persaingan ganda putri, duet Greysia Polii/Apriyani Rahayu perlu tekad besar untuk meruntuhkan kokohnya pertahanan duo Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Greysia/Apri bisa dikatakan selalu kesulitan jika berhadapan dengan mantan pemilik medali emas Olimpiade Rio 2016 itu. Baru sekali menang dan telah tujuh kali tumbang seolah jadi bukti otentik sulitnya Greysia/Apri mencuri kemenangan dari Misaki/Ayaka.

Duel ganda campuran antara pasangan Pelatnas Cipayung, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja berhadapan dengan unggulan dua, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Dari dua pertemuan sebelumnya, Hafiz/Gloria selalu tersungkur di hadapan perengkuh gelar All England 2018 itu.

Dan yang tentunya paling dinantikan tak lain adalah performa apik, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang akan memulai perburuan gelar ketiga di turnamen penutup akhir tahun.

Kini, duo Minions yang merupakan unggulan utama langsung dihadang jago Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Dari rekor head to head, Kevin/Marcus punya torehan positif dengan 5 kali menang dan baru sekali kalah.

Duet kawakan Merah Putih, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus bersiap meladeni permainan alot pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang sebelumnya pernah mereka kalahkan pada ajang Jepang Terbuka 2018 lalu.

Berikut data lengkap rekor head to head pemain Indonesia di laga perdana Final Tur BWF, Rabu 12 Desember 2018:

Tunggal putra:
Anthony Sinisuka Ginting 4-3 Chou Tien-chen (Taiwan)
Tommy Sugiarto 3-0 Kantaphon Wangcharoen (Thailand)

Ganda putra:
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 1-0 Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang)
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon 5-1 Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)

Ganda putri:
Greysia Polii/Apriyani Rahayu
1-7 Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang)

Ganda campuran:
Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja
0-2 Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)