Akhirnya Surabaya Punya Trem, Lelang Dimulai Mei 2018

Trem, salah satu transportasi terbaik di Kota Zurich, Swiss.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA – Impian Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyediakan alat angkutan massal cepat atau AMC jenis trem untuk warganya segera terealisasi. Proyek senilai Rp4,5 triliun itu direncanakan akan dilelang tiga bulan depan.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Lelangnya (proyek trem Surabaya) tiga bulan lagi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya seusai mengisi dialog nasional di Convention Center Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 27 Februari 2018.

Dia menjelaskan, proyek trem akan dikerjakan dengan sistem KPBU, yakni kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha atau swasta. Karena itu, selain pemerintah, pihak swasta pemenang lelang juga akan menyertakan modal pada proyek prestisius tersebut.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Nilai total proyek trem Surabaya, lanjut Budi, sebesar Rp4,5 triliun. Dari APBN, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar antara Rp1 triliun sampai Rp1,5 triliun. Sisanya ialah dari pihak Pemerintah Daerah dan swasta. "Dari KAI (Kereta Api Indonesia) juga ada," tandasnya.

Trem Surabaya nantinya akan membentang sepanjang 17 kilometer dari Jalan Joyoboyo sampai Jalan Rajawali. Ada sekira 20-38 gerbong yang akan dioperasikan. "Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa beroperasi," tandas Budi.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!
Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

KM ini menetapkan 17 bandar udara di Indonesia yang berstatus sebagai bandara internasional, dari semula 34 bandara internasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024