Angket Century

Surat Imbau Boediono Nonaktif di Pimpinan DPR

VIVAnews - Panitia Khusus Angket Kasus Bank Century hari ini akan menyerahkan surat imbauan nonaktif atas Boediono dan Sri Mulyani kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat. Boediono dan Sri Mulyani termasuk di antara sejumlah saksi yang dipanggil oleh pansus Century untuk dimintai keterangan terkait proses pengucuran dana talangan (bail-out) kepada Bank Century.

"Hanya sekadar surat imbauan agar saksi-saksi yang kami panggil dapat menonaktifkan diri untuk sementara waktu dengan berbagai cara, baik dengan minta izin atau cuti," ujar Ketua Pansus, Idrus Marham, sebelum rapat pansus pemeriksaan terhadap Aulia Pohan, di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 5 Januari 2010.

Desember 2009 lalu, Boediono telah hadir di rapat pansus untuk memberi penjelasan seputar perannya dalam proses bail-out. Namun Pansus berencana untuk kembali memanggilnya untuk meminta keterangan lebih lanjut.

Sementara Sri Mulyani direncanakan akan diundang pansus pada Januari ini. Selain Boediono dan Sri Mulyani, pansus juga memanggil sejumlah saksi lain seperti mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia bidang pengawasan, Aulia Pohan, yang dijadwalkan tiba di Gedung DPR RI pagi ini.

Idrus menjelaskan, ada tiga alasan yang menyebabkan pansus mengeluarkan surat imbauan nonaktif terhadap saksi. Pertama, sebagai jaminan untuk mempercepat dan mempermudah proses pemeriksaan pansus, termasuk dalam memperoleh data dari saksi-saksi terkait. Kedua, untuk menjaga moral dan akuntabilitas pansus. Ketiga, untuk merespons suasana kebatinan yang berkembang di masyarakat.

"Surat imbauan kami sampaikan hari ini ke pimpinan DPR. Selanjutnya, pimpinan DPR akan meneruskannya kembali ke saksi-saksi terkait," terang Idrus. Oleh karena surat ini hanya bersifat imbauan dan bukan instruksi, kata Idrus, maka surat tersebut tidak perlu dibahas lebih dulu di Rapat Paripurna DPR.

3 Kloter Jemaah Haji 2024 Terbang Perdana ke Tanah Suci pada Minggu 12 Mei
Bus pariwisata terguling di Ciater, Subang

Kronologi Bus Rombongan SMK Terguling di Ciater Subang

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 18.45 WIB. Adapun beberapa kendaraan yang terlibat kecelakaan yaitu Bus Trans Putera Fajar, kendaraan sepeda motor dan mobil

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024