8 Januari 1989

Pesawat Jatuh di Jalan Tol, 46 Tewas

VIVAnews - Pada 8 Januari 1989, sebuah pesawat Boeing 737 milik maskapai British Midland jatuh di jalan tol M1 dekat bandara East Midlands, Inggris. Sebanyak 46 penumpang tewas dan sepuluh dari 80 orang yang selamat mengalami luka parah.

Laman stasiun BBC mengungkapkan, pesawat dengan nomor penerbangan 092 itu berusaha mendarat di bandara East Midlands setelah mesin pesawat baru tersebut mengalami kerusakan. Namun pesawat menghantam sebuah tanggul di tepi jalan tol di dekat bandara dan patah menjadi tiga bagian.

Para pengendara mobil di jalur M1 selamat karena tidak ada kendaraan sedang melintas di dekat lokasi kejadian saat kecelakaan terjadi.

Penerbangan menuju Belfast tersebut memutuskan mendarat di bandara East Midlands sepuluh menit setelah meninggalkan bandara Heathrow, ketika salah satu dari dua mesin pesawat terbakar.

Laporan dari tim penyelidikan kecelakaan udara kemudian menemukan bahwa kru pesawat keliru mematikan mesin. Saat bilah kipas mesin nomor 1 mati, kru keliru merespon dengan mematikan mesin nomor 2 yang sebenarnya berfungsi sangat baik.

Hasil penyelidikan itu menghasilkan beberapa rekomendasi, antara lain meminta peningkatan pengawasan mesin dan peningkatan indikator vibrasi mesin pada pesawat jenis Boeing 737.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?
Muamalat Tower / Bank Muamalat Pusat

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Transaksi jemaah haji nasabah Bank Muamalat semakin dipermudah dengan fitur baru yang diluncurkan pada kartu debitnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024