Kreditor Garuda Setuju Utang FRN Diperpanjang

VIVAnews - PT Garuda Indonesia dan kreditor asing menyepakati restrukturisasi utang Floating Rate Notes (FRN) sebesar US$ 305 juta dan Rp 366 miliar berupa perpanjangan masa jatuh tempo menjadi Januari 2018. Kesepakatan juga tercapai untuk suku bunga utang FRN tersebut.

"Garuda akan terus melanjutkan upaya penyelesaian restrukturisasi secepat mungkin," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar dalam Siaran Pers yang diterima VIVAnews, di Jakarta, Senin, 11 Januari 2010.

Dalam siaran pers tersebut dijelaskan bahwa pertemuan restrukturisasi utang FRN Garuda dihadiri oleh sekitar 99,2 persen kreditor dari perusahaan penerbangan nasional tersebut. Pertemuan yang menyepakati penyelesaian restrukturisasi utang tersebut dilaksanakan hari ini di Singapura.

Dalam pertemuan tersebut disepakati Garuda akan mulai melakukan restrukturisasi seluruh utang FRN-nya pada Kamis 21 Januari 2010. Disepakati pula amandemen perubahan waktu jatuh tempo surat utang tersebut dimundurkan ke Januari 2018.

Pertemuan juga menyepakati perubahan bunga surat utang FRN menjadi 6 bulan LIBOR plus 1,75 persen per tahun untuk mata uang Dolar Amerika Serikat dan 6 bulan bunga deposito plus 1,75 persen per tahun.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, Garuda Indonesia berencana mengumumkan rencana pembelian kembali surat utang melalui mekanisme lelang yang akan diumumkan pada tanggal 13 Januari 2010.

Emirsyah mengatakan pihaknya mengaku puas dengan tercapainya kesepakatan restrukturisasi utang FRN tersebut. Dengan kesepakatan terakhir ini, BUMN penerbangan tersebut telah menyelesaikans ejumlah restrukturisasi utang duantaranya kepada PT Pertamina, PT Angkasa Pusar I, PT Angkasa Pura II, serta penyelesaian Mandatary Convertible Bond kepada PT Bank Mandiri Tbk.

"Restrukturisasi ini akan membuat stabilitas dan operasional perusahaan berkelanjutans serta memperkuat keuangan perusahaan," kata dia.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024