Tolak SPE Petroleum, Mahasiswa Blokir Jalan

SURABAYA POST – Puluhan mahasiswa dan warga menghadang rombongan Komisi B DPRD Sumenep ketika melakukan kunjungan ke lokasi survei seismik di Desa Gilang, Kecamatan Bluto, Senin (18/1).

Mereka memblokir jalan PUD Desa Gilang yang menghubungkan kecamatan itu dengan Kecamatan Lenteng dengan cara tidur di tengah jalan. Akibatnya, kendaraan bermotor tidak bisa melintas dan tercipta antrean panjang. Aksi tersebut dilakukan untuk menolak kegiatan uji siesmik yang akan dilakukan SPE Petroleum Ltd di sejumlah titik di Kecamatan Bluto dan Lenteng.  

Kepada rombongan anggota Komisi B, koordinator aksi, Hasdani mengatakan, pihaknya menolak rencana eksplorasi migas karena SPE Petroleum tidak pernah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Selama ini, kata dia, SPE Petroleum hanya satu kali melakukan sosialisasi kepada warga di kantor kecamatan. Padahal, masih banyak warga yang tidak tahu terkait survei seismik yang sekarang dilakukan SPE Petroleum.

”Kami menyayangkan sikap SPE Petroleum yang terkesan tidak memperhatikan masyarakat setempat. Ini menjadi PR bagi anggota dewan, kenapa harus ada aksi di lokasi yang akan dilakukan survei seismik. Ini merupakan bibit perlawanan kami atas kegiatan SPE Petroleum,” ungkapnya.

Menanggapi tuntutan mahasiswa tersebut, Ketua Komisi B DPRD Sumenep, Bambang Prayogi menjelaskan, secara kelembagaan, DPRD telah meminta SPE Petroleum menghentikan aktivitasnya, utamanya terkait rencana survei seismik.

“Kami bersama eksekutif sudah minta SPE Petroleum melakukan sosialisasi secara menyeluruh pada warga di lima kecamatan,” katanya. Bahkan, kata dia, Selasa (19/1), akan ada pertemuan dengan BP Migas untuk menyosialisasikan kegiatan uji seismik SPE Petroleum di kabupaten ini.

Oleh: Ahmad Zahrir Ridlo
 

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024
Pertandingan Liga1 pekan ke-33, Persis Solo vs Persita Tangerang

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Tim tuan rumah, Persis Solo harus mengakui keunggulan tamu mereka, Persita Tangerang dengan skor 1-2 dalam pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan Solo Jumat 26/4

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024