Salah Tangkap Dibui 35 Tahun, Nenek Ini Dapat Kompensasi Rp42 Miliar

ilustrasi penjara.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seorang wanita yang menghabiskan 35 tahun di dalam penjara karena tuduhan pembunuhan yang tidak dia lakukan, telah diberikan kompensasi sebesar US$3 juta atau setara Rp42,6 miliar sebagai penyelesaian dalam hak-hak sipilnya.

Gokil! Nenek 12 Cucu Sukses Cetak Rekor Dunia, Lakukan Plank 4,5 Jam

Dilansir dari Independent, Cathy Woods dibebaskan dari penjara pada tahun 2015 lalu, setelah dia dibebaskan karena bukti DNA baru yang ditemukan pada potongan rokok.

Dia sebelumnya dituduh telah melakukan pembunuhan pada tahun 1976 terhadap mahasiswa bernama Michelle Mitchell. Namun pembunuhan itu kemudian dikaitkan dengan tersangka pembunuh berantai yang lebih terbukti yakni Rodney Halbower.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

"Meskipun tidak ada jumlah uang yang akan cukup memberi kompensasi kepada Woods atas apa yang dia alami, ini akan setidaknya memberikan beberapa cara untuk menyediakan perawatan untuknya," kata Elizabeth Wang, pengacara untuk Woods dalam sebuah pernyataan setelah penyelesaian pembayaran kompensasi diumumkan minggu ini.

Selain itu Woods juga akan terus mengupayakan ganti rugi dari mantan detektif yang memaksanya memberikan pengakuan palsu saat wanita yang kini berusia 68 tahun itu menjadi pasien di rumah sakit jiwa Louisiana pada tahun 1979.

Di Sinjai, Nenek 80 Tahun Bunuh Wanita Lansia Gara-gara Tak Diberi Pinjaman

Pengacara mengatakan kliennya sangat psikotik dan seharusnya tidak diinterogasi oleh detektif yang menyelidiki pembunuhan itu.

Wang mengatakan gugatan terpisah yang diajukan terhadap negara bagian awal bulan ini juga akan terus berlanjut di bawah undang undang baru Nevada yang mulai berlaku tahun ini, yang memungkinkan orang-orang yang dihukum secara salah mendapat ganti rugi sipil hingga US$3,5 juta.  

Pihak berwenang meyakini Halbower adalah tersangka yang memperkosa dan membunuh enam wanita  muda termasuk Mitchell di Reno, Kota Nevada, pada tahun 1976. Tetapi ia hanya didakwa dengan dua pembunuhan dan tahun lalu dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan Paula Baxter yang berusia 17 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya