Viral Video Xanana Gusmao Jenguk Habibie, Menangis dan Memeluknya

VIVA – Momen saat Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, menjenguk Bacharuddin Jusuf Habibie sempat terekam kamera. Video tersebut kemudian beredar tak lama setelah wafatnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

Dalam video yang diduga diambil pada saat BJ Habibie sedang sakit tersebut menunjukkan Xanana mendekap erat Habibie yang tengah terbaring di tempat tidur. Habibie juga berusaha merangkulnya. Xanana yang merupakan tokoh referendum dan politik kemerdekaan Timor Leste itu kemudian mencium kening Habibie.

Bahkan, Xanana yang pada kesempatan itu mengenakan kemeja santai terlihat dalam waktu yang cukup lama bersedih dan menjatuhkan kepalanya di rangkulan BJ Habibie.

Real Count KPU di Dili Timor Leste 45,00%: Prabowo-Gibran 62,9%, AMIN 9,81%, Ganjar-Mahfud 25,24%

Diketahui BJ Habibie memang menjadi faktor sentral merdekanya Timor Timur dari Indonesia pascareferendum yang menunjukkan angka bahwa sebagian besar rakyat Timtim saat itu ingin merdeka. Setelah lepas, Timor Timur kemudian berubah nama menjadi Timor Leste.

Lepasnya Timor Timur terjadi pada saat BJ Habibie menjadi Presiden pada masa transisi. Dia mengizinkan adanya referendum dengan alasan bahwa setiap manusia dan rakyat Timor Timur berhak menentukan nasib sendiri.

Indonesia, Timor Leste Sign MoU on MSMEs Cooperation

Momen mengharukan ini banyak dikomentari dan dibagikan netizen. Di akun Twitter, salah satu yang termasuk lebih dahulu mengunggahnya adalah akun @KatolikG atau Katolik Garis Lucu.

VIVA Militer: Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6/NK serahkan senjata rakitan

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

Satgas Pamtas RI-RDTL berhasil mendapatkan 7 pucuk senjata rakitan dari masyarakat di wilayah perbatasan RI-Timor Leste

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024