Momen PM Timor Leste Cium Tangan Menlu Retno Marsudi, Disaksikan Presiden Jokowi dengan Senyum

Momen PM Timor Leste mencium punggung tangan Retno Marsudi
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Negara

VIVA Nasional – Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao melakukan kunjungan negara ke Indonesia dan disambut baik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 26 Januari 2024.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Perdana Menteri Xanana begitu tiba langsung disambut iringan pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Dalam pembukaan penyambutan, lagu kebangsaan kedua negara juga dikumandangkan dan terdengar dentuman meriam sebanyak 21 kali yang turut meramaikan upacara penyambutan. Keduanya kemudian berkeliling melihat upacara penyambutan.

Tak sendiri, Presiden Jokowi juga didampingi oleh para pejabat negara, seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Menteri Komunikasi dan Informasi Budi Arie Setiadi hingga Sekertaris Kabinet Pramono Anung.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Momen PM Timor Leste mencium punggung tangan Retno Marsudi

Photo :
  • Youtube Sekretariat Negara

Ada momen unik tertangkap kamera pada saat pertemuan, saat PM Xanana bersalaman dengan para menteri, terlihat PM berusia 77 tahun tersebut mencium punggung tangan Menlu Retno Marsudi yang langsung disambut dengan senyum. Menyaksikan momen tersebut, Presiden Jokowi yang berjalan beriringan juga tampak tersenyum lebar.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Usai itu, PM Xanana pun melanjutkan bersalaman dengan jajaran menteri yang hadir.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan PM Xanana masuk ke area dalam Istana. Keduanya melakukan sesi foto bersama dan menandatangani nota kesepahaman alias MoU dalam beberapa kerjasama. “Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan resmi pertama Perdana Menteri Xanana Gusmao sejak dilantik bulan Juli yang lalu. Ini menunjukkan hubungan kedua negara, Timor Leste dan Indonesia yang semakin erat,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya. 

Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao

Photo :
  • VIVA/Farhan

Presiden Jokowi dan PM Xanana juga melakukan penanaman pohon. Pohon yang ditanam adalah pohon Merawan dengan nama latin Hopea odorata. Aktivitas penanaman pohon memang kerap menjadi hal wajib yang dilakukan setiap Presiden Jokowi menerima tamu kenegaraan.

Kemudian keduanya berjalan menuju halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor dan berbincang santai sembari meminum teh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya