Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Timor Leste Xanana Gusmao di Bogor, Ini Hasil Kesepakatannya

Presiden Joko Widodo menerima Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao.
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 26 Januari 2024. Dalam pertemuan kepala negara tersebut, ada beberapa yang dihasilkan untuk memperkuat hubungan Indonesia dengan Timor Leste.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

“Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan resmi pertama Perdana Menteri Xanana Gusmao sejak dilantik bulan Juli yang lalu. Ini menunjukkan hubungan kedua negara, Timor Leste dan Indonesia yang semakin erat,” kata Jokowi.

Dalam pertemuan tadi, Jokowi telah membahas beberapa hal yakni sepakat untuk mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara. “Saya juga menyambut baik reaktivasi Joint Border Committe untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas,” ujarnya.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Presiden Joko Widodo dan PM Timor Leste, Xanana Gusmao menanam pohon.

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Kedua, kata dia, Indonesia dan Timor Leste sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi. Jokowi selaku Kepala Negara Indonesia menyambut baik komitmen Pemerintah Timor Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui perjanjian perlindungan investasi. 

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi kepercayaan Timor Leste pada BUMN Indonesia dalam berbagai proyek seperti pembangunan jalan di Oé-Cusse, serta perluasan Bandara Internasional Dili.

“Kemudian dengan penandatanganan MoU kerja sama teknologi informasi, kita juga mendorong kerja sama infrastruktur telekomunikasi, termasuk rencana investasi fiber optik,” ujarnya.

Terkait ASEAN, Jokowi mengatakan Indonesia berkomitmen terus mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN. Bahkan, kata dia, dalam pertemuan tadi juga membahas isu Myanmar. “Dimana kedua negara sepakat untuk mendukung keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong implementasi 5 PC (5 point consensus),” ujarnya.

Sementara Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Xanana senang dalam kunjungan ini dapat mengucapkan selamat secara langsung kepada Presiden Jokowi atas kepemimpinan selama 10 tahun terakhir sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Saya berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas dukungan Indonesia terhadap Timor Leste dan keanggotannya secara penuh di ASEAN. Hari ini adalah kunjungan resmi internasional saya pertama sejak saya menjadi PM pada bulan Juli tahun lalu, dan ini adalah pertama kalinya saya datang untuk melihat Istana Bogor,” ujarnya.

Di samping itu, Xanana menyambut baik kinerja para tim negosiasi untuk mencoba memfinalisasi perjanjian antara Indonesia-Timor Leste, seperti sepakat mengenai land border atau batas darat, kecuali beberapa segmen di Oecusse.

“Kami saat ini memiliki pemahaman yang lebih jelas mengenai isunya dan kami percaya di masa mendatang kita dapat mendapatkan solusi dari permasalahan ini. Sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi, kepentingan untuk menyelesaikan batas maritim dengan Indonesia akan memperkuat kedaulatan kedua negara kami,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya